Tips Aman Belanja Online Alat Gunung

Ilustrasi belanja online (dok. Datascrip)

Mounture.com — Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, transaksi jual-beli secara online menjadi salah satu sarana berbelanja yang diminati. Mulai dari berbelanja kebutuhan sehari-hari, hingga untuk kebutuhan hobi. Salah satunya adalah belanja online untuk keperluan pendakian.

Kendati melakukan belanja online lebih mudah, dan ringkas, namun dibalik itu semua ada saja yang memanfaatkan untuk melakukan kejahatan. Mulai menjual barang palsu, hingga penipuan barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang dikirimkan.

Lantas, bagaimana cara agar terhindar dari kejahatan siber tersebut. Berikut ini beberapa tips aman berbelanja online alat gunung seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cek review produk

Pastikan toko yang menjual alat-alat gunung memiliki reputasi yang baik, ditandai dengan banyaknya rating, dan review produk yang bagus dari konsumen sebelumnya. Selain itu, kalian juga bisa mencari review produk yang kalian incar di mesin pencari seperti Google, atau Yahoo.

Untuk memastikan toko yang menjual tersebut terpercaya, kalian bisa berkunjung ke berbagai forum yang ada di dunia maya, atau mencari mengenai profil toko tersebut.

2. Baca deskripsi produk yang akan dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, pastikan kalian membaca informasi atau deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Jika ada yang kurang jelas, kalian bisa menghubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang ingin dibeli.

3. Cek mekanisme pengembalian uang

Beberapa e-commerce menyediakan fitur pengembalian uang apabila barang yang diterima tidak sesuai atau barang yang dipesan tidak sampai. Pastikan mengetahui mengenai mekanisme tersebut dengan membaca syarat, dan ketentuan yang berlaku.

4. Pilih cara pembayaran yang paling aman

Pembayaran paling aman saat belanja online adalah menggunakan metode cash on delivery (COD), bahkan saat ini platform e-commerce pun menyediakan layanan tersebut. Namun, jika tidak ada fitur tersebut, kalian bisa menggunakan berbagai macam fitur pembayaran yang disediakan oleh e-commerce.

Tapi jika tidak melakukan transaksi di e-commerce, sebaiknya sebelum melakukan transfer kalian bisa melakukan pengecekan nomor rekening melalui laman https://cekrekening.id/ yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengecek nomor rekening. Selain itu, sistem pembayaran menggunakan kartu kredit, PayPal pun bisa dipertimbangkan.

5. Selalu simpan bukti transaksi

Selama barang yang kalian beli belum diterima, selalu simpan bukti transaksi yang kalian lakukan. Hal ini bisa menjadikan bukti saat kalian akan melakukan klaim kerusakan dan lainnya.

6. Lebih selektif dalam bertransaksi

Jangan mudah tergoda dengan harga murah. Perhatikan lagi baik-baik, jika harganya jauh di bawah pasaran, kalian patut curiga. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.