0

Aplikasi Maps untuk Pendakian yang Bisa Digunakan Tanpa Sinyal Internet

Ilustrasi (dok. Google)

Mounture.com — Ketika melakukan kegiatan di alam bebas, terutama pendakian ke gunung, kebutuhan akan maps masih sangat diperlukan. Terlebih di era serba digital saat ini, pendaki sudah bisa menggunakan maps tersebut dengan hanya menggenggamnya melalui aplikasi di ponselnya.

Namun, terkadang kondisi sinyal di gunung tidak sebaik ketika di kota. Bahkan, sinyal pun akan hilang saat di tengah perjalanan. Untuk itu, kebutuhan akan aplikasi yang bisa digunakan saat offline sangatlah diperlukan.

Berikut ini beberapa aplikasi maps yang bisa digunakan secara offline untuk keperluan bertualang.

1. BackCountry Navigator TOPO GPS

TOPO GPS bisa menunjukkan arah jalan dengan tepat sehingga kalian tidak akan tersesat ketika hiking. Selain itu aplikasi ini juga tersedia secara offline. Jadi bagi kalian yang tidak memiliki koneksi internet, kalian masih bisa mendapatkan petunjuk jalan dengan cepat dan tepat menggunakan aplikasi TOPO GPS ini.

2. A-Gps Tracker

Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa pencatatan langkah ketika kalian bergerak. Jadi dengan aplikasi ini, kalian bisa meminimalisir tersesat di jalur pendakian.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur memantau ketinggian, di mana kalian bisa tahu sudah berapa ketinggian yang telah dicapai. Uniknya, aplikasi ini bisa dijalankan secara offline alias tanpa sinyal.

Baca juga: Ini Aplikasi Wajib yang Harus Ada di Ponsel Pendaki Gunung

3. Locus Map

Aplikasi ini tersedia untuk platform Android, di mana cocok untuk penggemar petualangan atau olahraga luar ruang, seperti bersepeda, lari lintas alam, atau mendaki. Kalian bisa menggunakan navigasi dan perintah suara untuk mendapat petunjuk arah secara otomatis saat menyusuri suatu rute.

4. Polaris Navigation

Aplikasi ini tersedia di platform Android yang terbilang cocok untuk penggiat alam bebas, seperti arung jeram, bersepeda, trekking hingga berkemah. Kalian bisa mengunduh berbagai jenis peta atau maps dan mengaksesnya tanpa jaringan internet.

Polaris menawarkan berbagai fitur, seperti integrasi dengan Google Maps, peta topografi, kompas, rute olahraga, hingga pengukur kecepatan dan ketinggian, dan lainnya. (MC/LS)