0

Beberapa Destinasi Wisata Goa Menarik di Indonesia

Goa Pindul (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Indonesia merupakan salah satu negara dengan beragam potensi wisata alamnya. Salah satunya ialah wisata alam penyusuran goa yang bisa menjadi pengalaman tersendiri.

Adapun goa-goa yang ada di Indonesia banyak tersebar di seluruh Tanah Air serta memiliki macam jenisnya. Berikut ini beberapa goa yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam di Indonesia.

1. Goa Pindul

Goa ini berada di Gunungkidul, Yogyakarta yang memiliki panjang 350 meter dan lebar 5 meter. Saat menyusuri gua, ada tiga area yang akan dilewati yaitu, zona terang, gelap, dan remang.

Selama menyusuri goa, kalian dapat melihat hiasan stalaktit yang cukup menawan. Konon katanya, air yang menetes dari stalaktit dapat membuat perempuan awet muda dan meningkatkan vitalitas laki-laki.

2. Goa Jomblang

Selain Goa Pindul, di Gunungkidul juga terdapat goa yang terbilang cukup bisa menguras adrenalin kalian. Sebab, di Goa Jomblang ini, pengunjung harus melakukan turun menuju ke dasar goa untuk mendapatkan sensasi petualangan dan juga panorama yang indah berupa fenomena ‘Cahaya Surga’ berupa lubang besar di atas gua, yang jika siang terik akan menghadirkan bias cahaya indah ke penjuru goa.

Tidak hanya itu, di dalam goa juga terdapat hutan purba dengan pesona yang tidak kalah mengagumkan.

Baca juga: Ini Goa Vertikal Terdalam di Indonesia

3. Goa Akbar

Goa ini berada di Tuban, Jawa Timur di mana uniknya, goa ni terletak di bawah sebuah pasar tradisional yang setiap hari ramai dengan aktivitas jual beli. Nama Akbar sendiri diambil dari slogan Kabupaten Tuban, tempat gua ini berada, yaitu Aman, Kreatif, Bersih, Asri, dan Rapi (AKBAR).

Keunikan lain goa bisa dilihat dari batuan yang tersebar di penjuru ruangan, batu-batu tersebut terbentuk secara alami menyerupai berbagai macam spesies hewan seperti kuda dan juga anjing. Menariknya, pengelola setempat juga menyediakan ruangan khusus di dalam goa, sebagai tempat salat untuk para pengunjung.

4. Goa Pettae

Goa yang berada di Maros, Sulawesi Selatan ini memiliki keunikan berupa lukisan prasejarah yang menghiasi dinding goa. Menurut para ahli arkeologi, lukisan berbentuk tangan anak-anak berwarna merah tersebut berusia lebih dari 5.000 tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa pada zaman tersebut, manusia telah memiliki teknologi yang memungkinkan mereka meninggalkan jejak berwarna di dinding goa. (MC/PC)