0

Rekomendasi Gunung untuk Pendakian Tektok di Jawa Barat

Alun-alun Suryakencana, Gunung Gede (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Mendaki gunung biasanya dilakukan tak cukup hanya satu hari saja, pendaki kerap kali melakukan camp atau mendirikan tenda untuk sekedar menikmati pemandangan alam.

Namun, beberapa orang seringkali melakukan pendakian hanya untuk pergi-pulang saja atau tek-tok tanpa melakukan camp. Di mana bagi sebagian pendaki, melakukan pendakian secara tek-tok memiliki sensasi tersendiri.

Kendati demikian, melakukan pendakian tek-tok memerlukan persiapan yang matang, salah satunya adalah memilih gunung yang akan didaki. Berikut ini rekomendasi gunung yang cocok untuk pendakian tektok di Jawa Barat.

1. Gunung Gede

Gunung yang memiliki ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu merupakan salah satu destinasi yang favorit terlebih saat akhir pekan. Di gunung ini, kalian bisa melakukan pendakian tek-tok hingga pendakian lintas jalur.

Mendaki Gunung Gede bisa melalui beberapa jalur pendakian resmi, yaitu via Cibodas, Putri, dan Selabintana. Adapun untuk melakukan pendakian tek-tok, biasanya pendaki melalui jalur via Cibodas atau Putri.

2. Gunung Papandayan

Gunung yang berlokasi di Garut ini menjadi salah satu gunung favorit di Jawa Barat, terutama bagi pendaki pemula. Sebab, waktu pendakiannya memerlukan waktu 4 – 5 jam saja dengan kontur treknya yang naik dan landai.

Baca juga: Beberapa Gunung yang Cocok untuk Pendakian Tek-tok

3. Gunung Ciremai

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini merupakan salah satu gunung yang bisa melakukan pendakian tek-tok. Untuk bisa melakukan pendakian tek-tok di gunung dengan ketinggian 3.078 mdpl itu, pendaki harus minimal terdiri dari empat orang.

4. Gunung Burangrang

Terletak di Bandung Utara berbatasan dengan Purwakarta, Gunung Burangrang merupakan gunung yang bisa dijadikan lokasi untuk pendakian tek-tok. Saat ini terdapat dua rute pilihan menuju puncak, yaitu rute dari Legok Haji dan Purwakarta.

Kendati demikian, jalur setapaknya yang menanjak cukup memacu adrenalin, di mana waktu tempuh dari basecamp menuju puncak hanya membutuhkan waktu 1,5 – 2 jam saja.

5. Gunung Manglayang

Berlokasi di antara kota Bandung dan Sumedang, Gunung Manglayang dengan ketinggian 1.818 mdpl ini menjadi gunung terendah di kawasan Kabupaten Bandung. Gunung ini juga menjadi favorit bagi pendaki pemula meskipun treknya dianggap cukup ekstrim karena curam dan berbatu.

Namun, pendakian menuju puncak hanya membutuhkan waktu 3 – 4 jam dan dapat dilakukan melalui jalur bumi perkemahan situs Batu Kuda. Pemandangan dimulai dari hutan pinus yang indah hingga puncak gunung yang dipenuhi pohon berlumut. (MC/LS)