Pendakian Solo dan Tektok ke Gunung Lawu

(Mounture.com) — Melakukan pendakian seorang diri atau solo sering dilakukan oleh sebagian pendaki, terutama yang lebih menyukai trail run. Bukan tidak mungkin melakukan kegiatan pendakian seorang diri pun biasanya dilakukan tanpa camp alias pendakian tektok.

Meski menguras lebih banyak tenaga, namun solo pendakian dan juga tektok sering dilakoni beberapa pendaki gunung yang memiliki cara tersendiri dalam menikmati kegiatan pendakian. Seperti yang dilakukan oleh Nanang Andrianto (@nanang.andrian) yang melakukan pendakian tektok ke Gunung Lawu. Dia menceritakan kisahnya melakukan pendakian tektok ke Gunung Lawu via Cemoro Sewu yang dilakukan seorang diri (solo).

“Berawal dari rasa penasaran seperti apa tektok ke gunung tanpa camp. Setiap orang punya cara masing-masing menikmati pendakiannya,” katanya dalam caption foto di Instagram-nya, @nanang.andrian, beberapa waktu lalu.

Dia pun memberikan catatan mengenai estimasi waktu yang dia tempuh dari basecamp hingga ke puncak Gunung Lawu.

Berikut ini estimasi waktu pendakian yang dilakukan oleh Nanang.

– Basecamp – Pos 1 = 30 menit
Melewati jalur setapak berbatu dan tertata rapi. Di Pos 1 terdapat warung kamu masih bisa membeli es disini.

– Pos 1 – Pos 2 = 60 Menit
Trek masih di dominasi batu, batu yang akan di temui lebih besar. Masih terdapat warung dan bisa digunakan untuk area camp.

– Pos 2 – Pos 3 = 35 Menit
Trek lebih menanjak dari sebelumnya vegetasi mulai terbuka. Tidak terdapat warung hanya bangunan shelter untuk berteduh.

– Pos 3 – Pos 4 = 60 Menit
Jalur yang lumayan berat (menurut saya) trek menanjak dengan anak tangga berkelok. Aroma belerang mulai tercium di sebelah kiri jalur letak kawah Lawu “Candradimuka”.

– Pos 4 – Pos 5 Jolo Tundo = 15 Menit
Sedikit tanjakan jalan setapak landai. Terdapat warung dan bisa digunakan untuk area camp. Kondisi warung sedang rusak karena terkena badai beberapa waktu lalu.

– Pos 5 Jolo Tundo – Sendang Drajat = 15 Menit
Jalan setapak landai dengan pemandangan yang cukup memanjakan mata. Dari sini kita dapat melihat Telogo Sarangan, kota Magetan dan beberapa barisan Gunung Jawa Timur (kalau cuaca cerah). Sendang Drajat area camp terakhir sebelum ke puncak. Terdapat warung dan sumber air.

– Sendang Drajat – Puncak = 20 Menit

“Basecamp sampai Puncak kurang lebih 3 jam 45 menit. Estimasi waktu bukanlah patokan tergantung fisik masing-masing. Tetap jaga keselamatan dan bawa turun sampahmu,” tulisnya. (MC/RL)

Sumber dan Foto: Instagram/@nanang.andrian

https://www.instagram.com/p/B3lpyKYFgJi/

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.