Ini Aplikasi Wajib yang Harus Ada di Ponsel Pendaki Gunung

dok. Cozmeed

Mounture.com — Belakangan ini aktivitas mendaki gunung menjadi kegiatan yang digemari. Saking banyaknya yang melakukan pendakian, gunung-gunung pun kini menjadi ramai. Tak jarang jalur pendakian pun menjadi penuh sesak oleh para pendaki, baik pemula hingga pendaki profesional.

Kendati aktivitas pendakian menjadi ramai, bukan berarti kalian bisa meremehkan kegiatan di alam bebas ini. Kalian tetap membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang memadai saat akan mendaki gunung.

Salah satunya adalah perlengkapan berupa aplikasi yang ada di ponsel. Loh kok aplikasi? Di era modern seperti sekarang ini, hampir semua orang memiliki ponsel. Perangkat yang selalu digenggam ini bisa juga dijadikan perlengkapan yang bisa kalian andalkan saat mendaki gunung, yaitu melalui aplikasi.

Aplikasi ini akan membantu kalian lebih baik dalam melakukan pendakian. Mulai dari trek perjalanan, hingga pertolongan pertama yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa aplikasi yang wajib kalian unduh di ponsel kalian yang cocok dijadikan perlengkapan saat mendaki gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Weatherbug – Forecast & Radar,

Aplikasi ini berfungsi memberikan prakiraan cuaca terkini dan beberapa hari ke depan dengan cukup akurat. Aplikasi ini juga mendukung peringatan petir, curah hujan, suhu lokal, angin, UV, dan masih banyak yang lainnya. Jadi sudah pasti aplikasi ini cocok buat kalian yang akan mendaki gunung.

2. Mountain Collector,

Pendaki gunung perlu mengunduh aplikasi ini, sebab aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan akses informasi daftar gunung, lokasi sampai rute gunung yang kalian cari. Dengan mengetuk dua kali, kalian bisa melihat semua gunung yang dipilih dalam satu peta. Kalian akan mendapatkan akses untuk mengetahui informasi gunung tersebut dan mengunduh rute pendakian dari aplikasi smartphone.

3. Viewranger,

Ini merupakan salah satu aplikasi populer di kalangan pendaki gunung. Aplikasi ini membantu kalian dengan merencanakan pendakian, memberikan navigasi perjalanan, merekam dan membagi perjalanan outdoor kalian ke sesama pendaki gunung.

Aplikasi ini juga diklaim dapat membantu para regu penolong untuk menemukan para pendaki yang tersesat karena sistem GPS-nya. Uniknya, aplikasi ini bisa dijalankan dalam keadaan offline atau tanpa sinyal data.

4. First Aid by Red Cross,

Aplikasi ini sangat berguna untuk kalian yang suka beraktivitas di alam bebas, sebab aplikasi ini berisi fitur tentang informasi keamanan dan nasihat dari para profesional di setiap keadaan darurat. Aplikasi ini berisi video, diagram hingga kuis interaktif. Aplikasi ini juga wajib dimiliki oleh semua orang dan tak hanya untuk para pendaki gunung.

5. BackCountry Navigator TOPO GPS,

Aplikasi ini sangat berguna bagi kalian yang suka hiking. TOPO GPS bisa menunjukkan arah jalan dengan tepat sehingga kalian tidak akan tersesat ketika hiking. Selain itu aplikasi ini juga tersedia secara offline. Jadi bagi kalian yang tidak memiliki koneksi internet, kalian masih bisa mendapatkan petunjuk jalan dengan cepat dan tepat menggunakan aplikasi TOPO GPS ini. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.