0

Ini Cara Ampuh Atasi Pegal dan Nyeri Usai Mendaki

(Mounture.com) — Usai melakukan pendakian, biasanya akan mengalami rasa pegal dan nyeri pada bagian otot tertentu. Untuk itu, biasanya juga untuk menyembuhkan rasa tersebut dilakukan beberapa metode penyembuhan.

Nah, berikut ini beberapa cara ampuh untuk menyembuhkan cidera otot dengan sederhana, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Peregangan Otot

Untuk mengatasi cidera otot, para pendaki biasanya mengobatinya menggunakan teknik traction dengan penarikan otot tubuh diterapkan pada jari, kaki, dan lengan dan hanya mereka percayakan kepada orang yang ahli agar tidak terjadi luka robek.

2. Pijat

Pijat merupakan salah satu saran untuk mengatasi cidera otot yang terbilang cukup efektif mengatasi pembengkakan dan kejang pada otot. Namun rasionalnya banyak teknik pijat yang tersedia pada saat ini, sehingga harus memastikan ahli pijat serta teknik pemijatan yang dipilih adalah tepat serta tidak berefek memperparah.

3. Kompres

Mengatasi cidera otot dengan cara ini bertujuan untuk membuat panas tubuh berkurang, mengurangi nyeri serta mengatasi bengkak pada bagian tubuh tertentu. Untuk menurunkan panas tubuh, bisa memanfaatkan kompres air hangat sedang untuk bengkak atau luka memar, bisa menggunakan kompres air es.

4. Penggunaan Obat

Mengatasi cidera otot dengan obat relaksan bisa menimbulkan efek kantuk, sehingga memerlukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi kalian fit kembali. Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi cidera otot, keseleo atau kejang pada otot antara lain lioresal/baclofen, meraxalone, orphenadrine, dan lain-lain.

Cidera otot ketika pendakian merupakan sebuah permasalahan yang sering terjadi. Dengan mengetahui macam dan cara mengatasinya cidera otot ini tentunya akan lebih mempermudah kalian ketika melakukan pendakian. (MC/AI)