Ini Rekomendasi Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Naik Gunung

Ilustrasi (dok. Google)

Mounture.com — Kegiatan di alam bebas, khususnya mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan perlengkapan memadai dalam melakoninya. Salah satu perlengkapan yang dibutuhkan di era digital seperti saat ini adalah aplikasi ponsel.

Adapun aplikasi ponsel berguna untuk memantau kondisi lapangan, hingga mencatat langkah perjalanan saat melakukan pendakian ke gunung. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan saat akan mendaki gunung seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Maps

Aplikasi besutan Google ini bisa menjadi petunjuk arah untuk menuju ke lokasi tujuan, seperti lokasi basecamp, atau untuk memasukkan data berupa tracklog di jalur pendakian untuk membantu navigasi di jalur yang dilalui.

2. Windy

Aplikasi ini berguna untuk memantau prakiraan cuaca, kelembapan udara, suhu, serta kecepatan angin. Selain itu, aplikasi ini juga menyematkan fitur input koordinat sehingga bisa lebih akurat. Sebagai contoh, kalian ingin mengetahui kondisi cuaca di salah satu pos pendakian, maka kalian bisa melakukan input koordinatnya di aplikasi tersebut.

3. Earth

Fitur yang terbenam di aplikasi ini bisa digunakan untuk melihat kontur jalur pendakian, kemiringan jalur hingga mengecek status mata air. Aplikasi ini juga menyematkan fitur tambahan berupa street view 360 derajat untuk beberapa titik seperti di puncak atau pos-pos pendakian, jadi fitu ini bisa untuk mencari patokan tanda jalur sebelum mendaki.

4. A-Gps Tracker

Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa pencatatan langkah ketika kalian bergerak. Jadi dengan aplikasi ini, kalian bisa meminimalisir tersesat di jalur pendakian. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur memantau ketinggian, di mana kalian bisa tahu sudah berapa ketinggian yang telah dicapai. Uniknya, aplikasi ini bisa dijalankan secara offline alias tanpa sinyal.
⁣⁣⁣
5. GearZoo

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menata hingga mencatat keperluan logistik yang akan kalian bawa saat akan mendaki gunung. Bahkan, aplikasi ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk menghitung berat dari barang yang kalian bawa.

6. First Aid by Red Cross

Aplikasi ini berisi fitur tentang informasi keamanan dan nasihat dari para profesional di setiap keadaan darurat. Aplikasi ini berisi video, diagram hingga kuis interaktif. Aplikasi ini juga wajib dimiliki oleh semua orang dan tak hanya untuk para pendaki gunung.

7. Survival Manual

Hampir sama seperti First Aid by Red Cross, aplikasi ini berisi panduan untuk bertahan hidup di alam bebas yang lengkap, seperti obat-obatan, cara mencari bahan makanan yang tepat, tali-menali, pembuatan tanda darurat dan sebagainya.

8. BackCountry Navigator TOPO GPS

TOPO GPS bisa menunjukkan arah jalan dengan tepat sehingga kalian tidak akan tersesat ketika hiking. Selain itu aplikasi ini juga tersedia secara offline. Jadi bagi kalian yang tidak memiliki koneksi internet, kalian masih bisa mendapatkan petunjuk jalan dengan cepat dan tepat menggunakan aplikasi TOPO GPS ini. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.