April 2021, TN Gunung Rinjani Akan Tambah Dua Pintu Pendakian

Gunung Rinjani (dok. TNGR)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) berencana akan menambah dua pintu pendakian resmi Gunung Rinjani yang akan diberlakukan pada April 2021 mendatang atau saat kegiatan pendakian kembali dibuka. Adapun dua pintu pendakian resmi yang baru itu yakni via Torean, dan Tete Batu.

Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady, mengatakan dalam waktu tiga bulan (Januari-Maret 2021) ini akan dimanfaatkan Balai TNGR untuk mempersiapkan fasilitas di dua jalur (Torean dan Tete Batu) tersebut. Terutama untuk perbaikan akses jalur untuk pendaki.

“Di sanakan sudah ada jalurnya, jadi kami perbaiki. Kami bikin jelas, supaya pendaki nyaman,” katanya seperti dikutip dari Lombok Post, Selasa, 12 Januari 2021.

Sebelumnya, pintu pendakian resmi Gunung Rinjani meliputi Senaru, Sembalun, Timbanuh dan Aik Berik. Dengan dibukanya dua pintu pendakian baru itu, maka pendaki akan memiliki banyak pilihan jalur pendakian resmi untuk bisa menggapai puncak gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Sebagai informasi, TNGR saat ini tengah melakukan penutupan jalur pendakian Gunung Rinjani mulai 1 Januari – 31 Maret 2021 mendatang. Penutupan jalur pendakian itu dilakukan TNGR dengan alasan cuaca ekstrim, serta pemulihan ekosistem yang ada di kawasan Gunung Rinjani. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.