0

Agar Tidak Mudah Lelah saat Mendaki Gunung, Lakukan Ini

  • 7 Desember 2019 07:05

(Mounture.com) — Aktivitas mendaki gunung merupakan kegiatan yang banyak menguras tenaga, oleh karenanya mempersiapkan fisik dan mental sebelum melakukan pendakian menjadi syarat mutlak agar bisa memperlancar kegiatan pendakian itu.

Adapun faktor kelelahan bisa menjadi salah satu hal yang bakal dirasakan oleh pendaki, pasalnya perjalanan jauh menuju ke puncak gunung membutuhkan waktu yang cukup lama.

Berikut ini cara agar kalian tidak mudah lelah saat melakukan pendakian, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Lakukan pemanasan sebelum pendakian,

Otot kaki yang tidak terbiasa menerima beban berat saat menghadapi medan di gunung akan terasa cepat kram dan pegal. Oleh karena itu, sebaiknya latih otot dengan pemanasan dan tentunya dengan berolahraga rutin, jauh hari sebelum melakukan pendakian.

2. Membawa bekal makanan dan minuman,

Dengan kondisi tubuh yang lelah dan suhu pegunungan yang cukup dingin, biasanya akan mempercepat rasa lapar. Bawalah makanan yang tepat dan cukup efektif untuk mengganjal perut serta mengembalikan tenaga.

3. Mengatur ritme jalan,

Melangkahlah dengan langkah kecil saja. Ritme jalan yang stabil membuat perjalanan tidak terasa melelahkan, karena dapat membantu tubuh dan otot-otot untuk melakukan penyesuaian.

4. Istirahat sejenak,

Ketika sudah merasakan lelah, carilah tempat yang datar untuk beristirahat. Duduk dan selonjorkan kaki, serta aturlah napas. Namun, jangan beristirahat terlalu lama atau bahkan sampai tertidur, karena justru akan membuat suhu tubuh jadi menurun dan dapat menyebabkan hipotermia. (MC/RL)

Foto: dok. Cozmeed