Ini Penyebab Transmisi Matik Jadi Kasar

(Mounture.com) — Kepadatan lalu lintas di kota-kota besar terkadang membuat orang lebih memilih untuk menggunakan mobil bertransmisi otomatis atau matik. Kendati lebih simpel, namun transmisi matik pun terkadang memiliki beberapa masalah.

Salah satunya adalah transmisi matik menjadi terasa lebih kasar setelah kendaraan ini digunakan untuk perjalanan yang jauh, seperti halnya penggunaan saat melakukan perjalanan liburan ke luar kota.

Melansir laman Suzuki Indonesia, bahwa penyebab transmisi matik menjadi kasar yang paling umum adalah oli transmisi yang sudah tidak diganti. Perlu diketahui bahwa oli transmisi adalah nyawa bagi transmisi matik karena pada saat perpindahan gigi, transmisi matik mengandalkan tekanan oli.

Oli transmisi yang sudah lama tidak diganti akan mengandung endapan atau residu yang berisiko menyebabkan lubrikasi komponen girboks berkurang dan menjadikan timbulnya gejala kasar, terutama setelah dikendarai untuk perjalanan jauh.

Lantas, bagaimana mencegahnya? sebelum melakukan perjalanan jauh, bawalah kendaraan matik kalian ke bengkel resmi untuk melakukan penggantian oli transmisi jika memang sudah lama tidak menggantinya.

Tidak hanya melakukan penggantian oli transmisi, pemilik kendaraan juga bisa meminta mekanik handal di bengkel resmi untuk melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh agar perjalanan jauh yang akan ditempuh menjadi lebih aman dan nyaman. (MC/RIL)

Foto: dok. Suzuki Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.