0

Sekilas Tentang Gunung Argopuro

(Mounture.com) — Gunung Argopuro yang terletak di Jawa Timur merupakan gunung dengan trek terpanjang di Pulau Jawa. Bayangkan, pendaki harus menempuh sekitar 43 kilometer untuk bisa mencapai ke puncak gunung dengan ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Kendati demikian, gunung yang berada di beberapa wilayah, antara lain Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo ini memiliki pesona alam yang luar biasa.

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki bisa melalui dua jalur pendakian resmi, yakni melalui jalur Baderan yang berada di Kecamatan Sumber Malang, Situbondo, dan melalui jalur Bremi di Kecamatan Krucil, Probolinggo. Di mana waktu dibutuhkan untuk sampai ke puncak sekitar lima hari empat malam.

Adapun keindahan alam yang menjadi daya tarik pendaki di gunung ini adalah Cikasur, sungai Qalbu, dan Danau Taman Hidup. Di Cikasur, pendaki akan menemui sabana luas yang kaya akan flora dan fauna serta situs bersejarah. Salah satunya fauna endemik yang akan kalian temui di Cikasur ini adalah burung Merak.

Sungai Qolbu di gunung Argopuro (dok: instagram/@hesbulkhofi)

Sementara sungai Qolbu yang berada di Cikasur juga menjadi daya tarik para pendaki. Di mana lokasi ini merupakan sumber mata air yang sangat jernih dan segar. Di sungai ini, biasanya para pendaki memanfaatkannya untuk mengambil air sebagai persediaan di jalan.

Selain itu di sungai ini juga terdapat tumbuhan yang tumbuh subur yaitu selada air. Tapi disarankan untuk tidak mengunjungi sungai ini kala malam hari, karena predator biasanya sedang mendekati sumber air tersebut. Adapun untuk selada air, tanaman ini bisa untuk dijadikan lalapan atau untuk dimasak oseng-oseng sebagai menu tambahan yang terbilang sangat nikmat.

Sedangkan danau Taman Hidup yang berada di jalur Bremi, merupakan salah satu destinasi utama para pendaki di mana biasanya pendaki akan melakukan camp di sekitar danau dan juga menjadikan danau ini sebagai spot foto. Mitosnya, danau ini merupakan tempat favorit dari Dewi Rengganis.

Instagram/@munifatul_hanifah

Selain itu, gunung Argopuro juga memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Rengganis, Puncak Argopuro, dan Puncak Arca. (MC/RL)

Baca jugahttps://mounture.com/gayahidup/ini-estimasi-waktu-dan-biaya-mendaki-gunung-argopuro/