Penting! Bersihkan Peralatan Ini Setelah Pendakian

(dok. Mounture.com/Danang)

Mounture.com — Selepas melakukan pendakian ke gunung terkadang pendaki merasakan kemalasan dalam membongkar peralatan-peralatan yang digunakan untuk sekedar dibersihkan. Akibatnya, peralatan-peralatan itu menjadi terbengkalai dalam waktu yang lama.

Tapi tahukah kalian bahwa hal itu bisa membuat peralatan-peralatan pendakian yang tidak segera dibersihkan akan menjadi lebih gampang rusak, dan bisa tidak digunakan kembali. Untuk itu, sebisa mungkin pendaki harus segera membersihkan peralatan yang telah digunakan tersebut.

Nah, berikut ini beberapa peralatan yang wajib kalian bersihkan setelah digunakan untuk pendakian.

1. Kompor

Kompor yang digunakan untuk memasak di gunung harus segera dibersihkan ketika sampai di rumah. Sebab, kompor merupakan piranti penting untuk kita memasak saat beraktivitas di alam bebas.

Jadi alangkah baiknya setelah digunakan, kompor wajib dibersihkan menggunakan lap kering, yang mana biasanya di kompor itu terdapat sisa-sisa masakan, atau juga tanah yang bercampur dengan minyak.

2. Nesting

Nesting yang merupakan pasangan dari kompor juga wajib untuk dibersihkan selepas melakukan pendakian. Nesting dapat menjadi rumah belatung jika tidak kalian bersihkan dahulu saat sampai di rumah. Jadi setelah pulang dari pendakian di gunung manapun, periksa nesting dan cucilah sampai bersih, lalu simpan baik-baik agar tidak menjadi sarang belatung.

3. Matras

Meski terlihat sepele, namun matras juga wajib untuk segera dibersihkan selepas melakukan pendakian. Pasalnya, matras merupakan alas ketika kita tidur, atau bahkan saat duduk. Oleh karena itu, bersihkan matras dari kotoran-kotoran seperti tanah yang menempel, ataupun pasir.

Membersihkan matras bisa menggunakan air dan cukup di lap tanpa disikat, lalu keringkan dengan cara menjemurnya.

4. Sleeping Bag (SB)

Sleeping bag menjadi barang penting demi kenyamanan istirahat di gunung, oleh karenanya membersihkan SB setelah pendakian menjadi hal wajib. Gunanya adalah menjaga kualitas dari SB itu sendiri, hingga mencegah bersarangnya kuman-kuman.

5. Tenda

Tenda menjadi salah satu alat yang wajib dibersihkan usai melakukan pendakian. Sebab, tenda ibarat rumah bagi pendaki gunung. Tenda sebisa mungkin dibuka kembali setelah sampai di rumah. Gunanya adalah untuk mencegah jamur di tenda, dan bau tak sedap. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.