0

Curug Cipendok, Wisata Alam Menarik di Lereng Gunung Slamet

Curug Cipendok di Banyumas (Foto: id.wikipedia.org/Herudianto)

Mounture.com — Tak melulu soal pendakian, Gunung Slamet yang berada di Kabupaten Banyumas juga menyimpan banyak destinasi wisata alam menarik. Salah satunya ialah Curug Cipendok yang berada di lereng Gunung Slamet.

Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, disebutkan bahwa Curug Cipendok merupakan air terjun dengan ketinggian mencapai 93 meter, di mana keasrian curug ini masih terjaga keasriannya. Pohon-pohon lebat, tinggi, dan hijau masih tumbuh dengan subur di sekeliling Curug Cipendok.

Curug yang baru dibuka sebagai objek wisata pada tahun 1987 ini berada sekitar 20 kilometer dari pusat kota Purwokerto. Tepatnya di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Akses jalan menuju Curug Cipendok sudah beraspal bagus. Hanya saja harus melewati jalan yang berliku dan menanjak khas pegunungan.

BACA JUGA: Curug Panglebur Gongso, Wisata Alam Seru di Kendal

Untuk bisa berwisata ke curug ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu per orang. Dari pintu masuk, pengunjung sudah disuguhi pohon rindang yang berjejer sepanjang jalan. Sampai area parkir yang luas, pengunjung harus berjalan sejauh 500 meter.

Berjalan menuju Curug Cipendok memang lumayan jauh. Namun kita tidak akan bosan, karena ada warung, tempat duduk, gazebo, dan area bermain anak. Perjalanan yang menguras keringat itupun terbayar dengan keindahan Curug Cipendok.

Curug Cipendok memiliki aliran air yang cukup deras, di mana dari kejauhan, pengunjung sudah bisa mendengar suara gemuruh air. Di lokasi curug, pengunjung diminta untuk berhati-hati ketika akan berenang atau sekedar membasahi kaki sebab aliran air yang deras dan batu yang licin.

BACA JUGA: Penampakan Musala di Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci

Menariknya, di samping Curug Cipendok terdapat bangunan panggok yang bisa digunakan sebagai lokasi berswafoto jadi pengunjung tidak perlu turun ke aliran air. Cukup di panggok ini saja kita sudah bisa merasakan gerimis dari air terjun.

Menurut laman Visit Jateng, disebutkan bahwa jika ingin menikmati Curug Cipendok tak lengkap jika tidak mencoba mendoan dan susu sapi murni yang dijual di warung-warung di sekitar curug.

Susu sapi murni ini langsung dari Rearing Unit Manggala BBPTU Sapi Perah Baturaden yang letaknya sebelum pintu masuk Curug Cipendok. Bila kalian dari luar kota juga bisa menginap di Germanggis Area atau hotel-hotel lain sekitar Curug Cipendok. (MC/RIL)