0

Kiat Terhindar dari Pohon Tumbang saat Mendaki Gunung

Ilustrasi (Foto: dok. Instagram/@julian.keliananta)

Mounture.com — Belakangan ini, cuaca ekstrim tengah melanda sebagian daerah di Indonesia, termasuk di beberapa gunung. Adapun cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai angin kencang hingga petir kerap kali membuat beberapa pohon bertumbangan.

Adanya pohon tumbang saat melakukan kegiatan di alam bebas, seperti mendaki gunung bisa saja membahayakan diri. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kiat agar terhindar dari pohon tumbang saat pendakian ke gunung.

1. Pantau berkembangan cuaca

Sebelum melakukan pendakian ke gunung, sebaiknya lakukan pemantauan cuaca baik melalui aplikasi di ponsel atau informasi dari Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG). Jika dari informasi tersebut diprediksi cuaca tidak bersahabat, maka sebaiknya tunda untuk melakukan pendakian hingga cuaca benar-benar baik.

BACA JUGA: Kiat Jaga Kualitas Tas Carrier agar Tetap Awet

2. Tetap waspada

Tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan pendakian di tengah cuaca ekstrim. Jika memungkinkan, sebaiknya segera turun agar terhindar dari risiko-risiko yang mengancam nyawa.

BACA JUGA: Biar Tak Tersesat di Gunung saat Turun Kabut, Ini Tipsnya

3. Jangan panik

Hindari kepanikan saat melihat akan ada objek yang jatuh di depan kalian. Apabila jatuhnya menuju jalur yang dilintasi, maka sebaiknya ubah jalur dan gunakan jalur lainnya. (MC/LS)