Biar Tak Tersesat di Gunung saat Turun Kabut, Ini Tipsnya

Ilustrasi turun kabut di gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Kondisi cuaca di gunung memang sulit diprediksi, terlebih ketika musim hujan tiba. Cuaca ekstrim pun terkadang menghampiri pendaki gunung di tengah perjalanan, salah satunya turun kabut.

Saat turun kabut, pendaki pastinya akan kesulitan dalam melihat kondisi jalur pendakian karena jarak pandang yang terbatas. Akibat jarak pandang yang terbatas, seringkali membuat pendaki jadi kehilangan arah dalam menentukan jalur yang benar.

Untuk mencegah hal itu terjadi yang bisa berakibat tersesat di gunung, serta bisa membahayakan pendaki, maka pendaki gunung diminta untuk berhati-hati. Nah, berikut ini kiat mencegah tersesat saat naik gunung ketika turun kabut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kenali medan pendakian

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya pendaki bisa mencari tahu lebih dahulu mengenai informasi terkait jalur pendakian yang akan dilalui. Kalian bisa bertanya kepada teman yang sudah melakukan pendakian ke gunung yang akan kalian daki, melalui internet, atau bisa juga menanyakan hal itu ke pihak basecamp atau warga setempat.

2. Pakai penanda

Ketika melintasi jalur pendakian yang mulai menandakan turun kabut, maka kalian bisa melakukan penandaan wilayah dengan menggunakan tali, atau benda lainnya yang bisa dijadikan penanda. Gunanya adalah untuk membantu mengarahkan kalian kembali ke jalan yang benar saat jalan pulang.

3. Tetap tenang

Salah satu risiko paling berbahaya saat melakukan pendakian adalah kepanikan. Oleh karena itu, jika kalian merasa mulai kehilangan arah, sebaiknya tetap tenang agar pikiran tidak karuan, dan bisa menemukan solusi bersama dengan tim pendakian.

4. Lakukan pengecekan jalur

Di beberapa jalur pendakian, terkadang ada banyak persimpangan yang membuat pendaki menjadi bingung terlebih saat turun kabut. Oleh karenanya, kalian bisa melakukan pengecekan jalur sebelum benar-benar mengambil keputusan melalui jalur di persimpangan. Perlu dicatat, saat melakukan pengecekan jalur, kalian bisa menentukan navigasi dengan teknik survival.

5. Selalu bersama dengan tim

Ketika kondisi turun kabut, pastinya jarak pandang akan terbatas. Solusinya adalah kalian bersama dengan tim pendakian harus menjaga jarak aman, serta tetap bersama. Jika ada yang tertinggal maka kalian wajib untuk menunggu. Dan pastikan selalu bersama dengan tim pendakian kalian apapun yang terjadi. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.