Semua Jalur Pendakian Resmi Gunung Tambora Kembali Dibuka

(dok. TN Gunung Tambora)

Mounture.com — Usai ditutup karena pandemi Covid-19, Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) kembali membuka kegiatan pendakian mulai 1 April 2021 kemarin. Keputusan pembukaan kegiatan pendakian dilakukan setelah pihak TN Gunung Tambora memperhatikan kondisi cuaca serta dampak pandemi yang semakin kondusif.

“Terhitung mulai 1 April 2021, seluruh jalur pendakian yang resmi di Taman Nasional Gunung Tambora dibuka kembali, untuk aktivitas wisata pendakian dan sejenisnya,” tulis surat edaran TN Gunung Tambora.

Lebih lanjut dijelaskan pula setiap pendaki atau wisatawan yang berkunjung ke TN Gunung Tambora wajib mematuhi Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 serta membawa surat keterangan bebas Covid-19.

Sementara bagi pendaki atau pengunjung yang datang menggunakan pesawat udara, wajib melakukan pemeriksaan ulang bebas Covid-19 dari Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

Tak hanya itu, TN Gunung Tambora juga membuat ketentuan, di mana aktivitas pendakian dan berkemah tidak boleh lebih dari 3 hari 2 malam dengan kuota pendakian hanya 30 persen dari daya dukung daya tampung wisata TN Gunung Tambora.

Pendaki dan wisatawan pun diharapkan untuk menjaga kebersihan kawasan, ketertiban, keamanan, dan kenyamanan pengunjung serta kelestarian kawasan dengan tidak menebang pohon/ranting, vandalisme, dan atau kegiatan lain yang mengganggu ekosistem kawasan TN Gunung Tambora.

Selain itu, pendaki atau wisatawan diharapkan melapor kepada petugas dan melakukan registrasi di setiap pintu masuk jalur pendakian serta membayar tiket masuk kawasan TN Gunung Tambora sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.