Sejarah Air Terjun Parang Ijo di Kaki Gunung Lawu

Air Terjun Parang Ijo (dok. disparpora.karanganyarkab.go.id)

Mounture.com — Gunung Lawu yang terletak di dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki banyak pesona alam yang tersembunyi. Salah satunya adalah air terjun Parang Ijo yang berada di kaki Gunung Lawu tepatnya di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Konon air terjun ini memiliki sebuah cerita yang cukup menarik untuk disimak dan didengarkan di samping air terjun yang berbunyi merdu. Melansir laman Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, dijelaskan bahwa pada tahun 1942 di sebuah dusun, ada sebuah pohon tua yang sangat besar dan didominasi warna hijau.

Pohon ini dianggap keramat karena tidak bisa ditebang, namun keberadaan pohon itu tidak lama, banjir besar (dikenal dengan nama Baru Klinting oleh masyarakat sekitar) yang melanda daerah tersebut mampu menumbangkan pohon tersebut dan membawanya bersama derasnya arus.

Akan tetapi pohon tersebut tetap dapat berdiri tegak dan mendapat tempat baru, di mana secara kebetulan menempati di antara tebing (parang), sehingga mempermudah aliran air dari atas tebing menuju lembah melalui batangnya. Aliran air yang terus menerus membuat pohon semakin hijau dengan tumbuhnya lumut-lumut.

Pada 1982 banjir Baru Klinting kembali melanda daerah ini dan menerjang pohon di antara parang itu. Hilangnya pohon menyebabkan aliran air yang awalnya melalui batang pohon kini terjun ke bawah tanpa perantara membentuk air terjun yang dikenal dengan nama Parang Ijo yang berarti berwarna hijau di antara 2 tebing. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.