0

Penampakan Musala di Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci

  • 9 September 2022 07:11

Penampakan Musala di jalur pendakian Gunung Slamet via Guci (Foto: dok. Instagram/satriawarihnq)

Mounture.com — Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah memiliki beberapa jalur pendakian, salah satunya ialah via Guci yang terdapat di Kabupaten Tegal.

Jalur pendakian ini terbilang masih sepi jika dibandingkan dengan jalur pendakian lainnya. Menariknya, di jalur pendakian via Guci ini, pendaki akan menemui tempat ibadah di jalur pendakiannya, yaitu musala.

Musala ini terletak di Pos 4, di mana tempat ibadah untuk umat muslim itu terbilang cukup rapi dan bersih. Adapun pembangunan tempat ibadah ini dimaksudkan agar pendaki bisa menjalankan ibadahnya dengan nyaman selama pendakian.

BACA JUGA: Musala di Tengah Hutan Gunung Ciremai

Musala yang berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini dibangun dari kayu serta dilengkapi dengan lampu penerangan, karpet, serta ada pula kubah di atasnya.

Selain itu, di lokasi Pos 4 ini pendaki tidak akan kesulitan untuk melakukan wudhu, sebab tersedia sumber air yang cukup melimpah.

Sebagai informasi, jalur pendakian Gunung Slamet via Guci memiliki lima pos pendakian, di mana untuk lokasi mendirikan tenda berada di Pos 4 atau Pos 5. Untuk bisa mencapai ke Pos 4 ini, pendaki bisa menempuh perjalanan sekitar 7 – 8 jam tergantung dengan kondisi masing-masing individu. (MC/LS)