0

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Slamet via Permadi Guci

Penampakan Gunung Slamet dari ketinggian (dok. id.wikipedia.org)

Mounture.com — Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah berada di antara lima kabupaten, yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, Jawa Tengah.

Gunungapi aktif yang juga merupakan gunung kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru ini memiliki banyak jalur pendakian. Salah satu jalur pendakian yang bisa dilalui oleh pendaki ialah melalui Permadi Guci.

Pendakian Gunung Slamet via Permadi Guci berada di wilayah Tegal, Jawa Tengah, di mana letak basecamp-nya ada di Jalan Lingkar Barat No. 10, Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Basecamp pendakian Gunung Slamet via Permadi Guci (dok. Instagram/@bsmxx__)

Dikutip dari akun instagram milik Bobby Syafaat M (@bsmxx__), dijelaskan bahwa di lokasi basecamp pendakian Permadi Guci tersedia tempat penginapan untuk pendaki bisa melakukan istirahat sebelum melakukan pendakian dengan biaya menginap sebesar Rp5.000 per orang.

Baca juga: Estimasi Waktu Mendaki Gunung Slamet via Cemara Sakti

Sementara untuk biaya registrasi pendakian, pendaki akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp25 ribu per orang. Adapun untuk bisa mendaki Gunung Slamet via Permadi Guci, pendaki harus sudah di vaksinasi covid-19 dan scan barcode aplikasi PeduliLindungi atau melampirkan surat keterangan sehat.

Adapun untuk estimasi waktu pendakian Gunung Slamet via Permadi Guci sebagai berikut:

1. Basecamp – Pos 1 (60 menit, tanpa ojek), di sepanjang jalur menuju Pos 1 dan di Pos 1 terdapat sumber air.

2. Pos 1 – Pos 2 (90 menit)

3. Pos 2 – Pos 3 (35 menit)

4. Pos 3 – Pos 4 (40 menit), di pos 4 terdapat sumber air melimpah dan camp area terakhir yang dianjurkan oleh pihak basecamp. “Di Pos 4 juga terdapat fasilitas musola dan toilet,” tulis akun instagram @bsmxx__.

5. Pos 4 – Pos 5 (95 menit), di Pos 5 ini merupakan batas vegetasi dan tidak terdapat sumber mata air.

6. Pos 5 – Puncak (120 menit), jalur menuju ke Puncak terbilang cukup terjal. “Hati-hati batu jatuh dari atas, jalur menuju puncak juga terdapat tali agar memudahkan para pendaki,” kata akun itu.

Baca juga: Sekilas Tentang Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

Sebagai catatan, pihak basecamp pendakian menganjurkan untuk pendaki yang akan menuju Puncak Gunung Slamet agar memulainya maksimal jam 03.00 WIB, sebab jalur yang lumayan terjal.

Selain itu, pendaki pun harus memastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan prima, serta kebutuhan air pun harus dipersiapkan. “Jangan lupa bawa kembali sampahmu turun,” tutup akun tersebut. (MC/LS)