0

Seekor Macan Tutul Terekam Kamera Trap di Gunung Lawu

  • 10 September 2022 07:15

Tangkapan Layar Video Macan Tutul di Gunung Lawu bagian Selatan (dok.BBKSDA Jawa Timur)

Mounture.com — Seekor macan tutul terekam kamera trap milik Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur yang dipasang di kawasan hutan lindung Gunung Lawu bagian Selatan.

“Kabar gembira sobat konservasi, kerja keras ujung tombak konservasi BBKSDA Jatim bersama perum perhutani KPH Lawu daerah selatan membuahkan hasil yang menggembirakan. Satu ekor macan tutul tertangkap kamera trap yang terpasang di kawasan hutan lindung pengelolaan KPH Lawu Daerah Selatan,” tulis akun instagram @bbksda_jatim_official.

BACA JUGA: Macan Tutul Betina ‘Rasi’ Mulai Masuk Hutan TN Gunung Ciremai

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pemasangan kamera trap itu dalam rangka inventarisasi dan verifikasi potensi keanekaragaman hayati jenis satwa dengan target macan tutul. Hal ini memperkuat bahwa spesies macan tutul memang masih ada di alam bebas, khususnya di kawasan hutan lindung Lawu daerah selatan.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak merusak atau mengambil kamera trap yang terpasang di kawasan yang menjadi target inventarisasi dan verifikasi kehati tinggi, agar kita semua bisa mengetahui potensi sumber daya genetik yang kita miliki,” tulis BBKSDA Jawa Timur via instagram.

BBKSDA Jawa Timur pun mengaku telah kehilangan satu unit kamera trap yang terpasang di kawasan hutan Lawu daerah selatan RPH Bedagung. (MC/RIL)