0

Sekilas Tentang Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu


Foto: dok. Instagram/@dhian_hardjodisastro

Mounture.com — Gunung Lawu yang berada di antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung yang terkenal dengan warung Mbok Yem di puncaknya ini mempunyai tiga jalur pendakian resmi, yakni melalui jalur Cemoro Kandang, Candi Cetho dan Cemoro Sewu.

Untuk jalur pendakian via Cemoro Sewu merupakan salah satu jalur pendakian yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur tepatnya di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Jalur pendakian ini berada di ketinggian 1.820 mdpl, yang kerap kali ramai ketika akhir pekan, di mana tidak hanya pendakian tetapi wisatawan yang ingin berlibur seperti berkemah, menikmati alam di warung-warung dan lainnya.

Untuk melakukan pendakian ke Gunung Lawu via Cemoro Sewu, pendaki akan menempuh perjalanan sekitar 9 jam. Adapun estimasi waktu tempuh ini bisa beragam, tergantung kondisi fisik dan mental kalian selama dalam pendakian.

Baca juga: Catatan Perjalanan: Pendakian Solo dan Tektok Gunung Lawu via Singolangu

Lokasi pintu pendakian via Cemoro Sewu berada di jalur jalan provinsi antara Magetan-Solo melalui Tawangmangu. Lokasinya pun terbilang mudah, yang mana bisa digapai dari arah Magetan maupunn Solo dengan jarak sekitar 22 kilometer dari Plaosan atau 42 kilometer dari kota Magetan arah Solo.

Memulai perjalanan menuju ke Puncak Gunung Lawu, pendaki akan melalui pintu gerbang Cemoro Sewu yang khas serta akan menelusuri jalan setapak yang berbatu dan tertata rapi.

Selain itu terdapat juga banyaknya pepohonan Cemara, oleh karenanya tempat ini dinamakan Cemoro Sewu atau Seribu Cemara. Jenis cemara yang paling banyak di sana adalah cemara gunung dan cemara laut.

Berikut ini estimasi waktu pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

– Basecamp – Pos I Wes-Wesan bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan,
– Pos I – Pos II Watu Gedeg (2 jam)
– Pos II – Pos III Watu Gede (2 jam)
– Pos III – Pos IV Watu Kapur (2 jam)
– Pos IV – Pos V Jolotundo (30 menit)
– Pos V – Sendang Drajat (15 menit)
– Sendang Drajat – Hargo Dalem (30 menit)
– Hargo Dalem – Hargo Dumilah (1 jam). (MC/LS)