0

Gunung di Taman Nasional dengan Sabana Tercantik

Oro-oro Ombo di Gunung Semeru (Foto: Instagram/@suhartono_semeru)

Mounture.com — Setiap gunung yang ada di Indonesia pastinya memiliki sisi keindahannya masing-masing. Salah satunya mengenai keindahan padang sabana di gunung-gunung yang ada di Tanah Air.

Beberapa gunung yang ada di Indonesia memiliki panorama berupa padang sabana yang cukup indah, diantaranya gunung yang ada di kawasan Taman Nasional.

Dikutip dari akun instagram Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berikut ini tiga gunung di Taman Nasional dengan pemandangan sabana tercantik.

1. Gunung Rinjani

Gunung yang berada di Pulau Lombok ini masuk ke wilayah pengelolaan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki padang sabana yang cukup luas yaitu berada di jalur pendakian via Sembalun.

Pendaki akan melintasi padang sabana yang luas dan juga indah, namun di lokasi tersebut pendaki harus mempersiapkan berbagai macam peralatan demi mencegah panas menyengat ke kulit saat di siang hari.

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang menjadi destinasi pilihan pendaki. Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini terkenal dengan padang sabana yang bernama Oro-oro Ombo.

Di Oro-oro Ombo ini ketika musim hujan maka pendaki akan melihat hamparan tumbuhan berwarna ungu yang berasal dari tumbuhan invasif bernama Bunga Verbena (Verbena brasiliensis).

3. Gunung Merbabu

Gunung yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) itu berada di wilayah Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 3.145 mdpl ini memiliki padang sabana yang cukup luas. Letaknya berada di jalur pendakian via Selo, di mana saat berada di padang sabana ini kalian akan melihat penampakan gagahnya Gunung Merapi. (MC/LS)