Mengenal Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo

(Mounture.com) — Gunung Merbabu yang berlokasi di Jawa Tengah merupakan salah satu taman nasional yang memiliki jumlah kunjungan terbanyak pada 2019 lalu yang mencapai 318.388 pengunjung.

Gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki 5 jalur pendakian resmi, yakni Thekelan, Cuntel, Wekas, Suwanting, dan Selo. Nah, kali ini Mounture.com akan mengulas mengenai jalur pendakian Selo di Gunung Merbabu.

Untuk mendaki melalui jalur pendakian ini, para calon pendaki diharuskan untuk melakukan pendaftaran melalui sistem booking online di website resmi Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb), tngunungmerbabu.org. Pasalnya, pihak TNGMb mulai Februari 2020 ini tidak akan melayani pendaftaran di lokasi atau on the spot.

Mendaki melalui jalur pendakian Selo, pendaki harus melewati Pos 1 Dok Malang, Simpang Macan, Pos 2 Pandean, Pos 3 Watu Tulis, Sabana 1, Sabana 2, dan Puncak Trianggulasi untuk bisa mencapai ke Puncak Kenteng Songo.

Sebagai catatan, sepanjang jalur pendakian Selo, pendaki tidak akan menjumpai sumber mata air, sehingga para pendaki harus memperhitungkan benar kebutuhan air yang harus disiapkan selama kegiatan pendakian.

Di jalur pendakian Selo ini pendaki akan mendapatkan pemandangan pegunungan di selatan dan timur, antara lain Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Pemandangan dari Pos 3 Batu Tulis sungguh memesona, dapat terlihat Gunung Merapi dari kejauhan dan hamparan sabana yang luas begitu juga hamparan edelweiss.

Pemandangan ini bisa dinikmati mulai Pos 3 Batu Tulis sampai dengan Pos 4 Sabana I menuju Pos 5 Sabana II. Tepat di Pos 5 Sabana II ini, terdapat hamparan sabana yang cukup luas dan view yang bagus ketika cuaca cerah.

Satu jam perjalanan dari Pos 5 Sabana II ini akan bertemu dengan Puncak Triangulasi dan Puncak Kenteng Songo. Di Puncak Kenteng Songo ini terdapat ‘Lumpang’ sebanyak 6 buah. Pada puncak inilah pendaki dapat menikmati peristiwa sunset dan sunrise yang indah. (MC/RL)

Foto: dok. TNGMb

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.