Gunung Rinjani Didominasi Pendaki asal Mancanegara di 2019

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) merilis jumlah kunjungan wisatawan atau pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani sepanjang tahun 2019 lalu. Dari data tersebut, sepanjang 2019, gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dikunjungi sebanyak 17.171 orang.

Menariknya, dari angka jumlah pengunjung tersebut, jumlah pendaki asal mancanegara lebih mendominasi kunjungan ke gunung dengan pesona Danau Segara Anak itu, yaitu sebanyak 12.639 orang. Sementara untuk pendaki lokal sebanyak 4.532 orang.

Adapun pada Agustus 2019, menjadi bulan dengan jumlah pendaki terbanyak, yaitu mencapai 3.739 orang. Sementara untuk jalur favorit dari para pendaki baik mancanegara dan lokal, yakni jalur pendakian Senaru dengan jumlah pendaki sebanyak 11.659 orang atau 68 persen dari jumlah keseluruhan pendaki yang berkunjung ke Gunung Rinjani.

Sebagai informasi, saat ini pihak TNGR sedang melakukan kegiatan survei di semua jalur pendakian, untuk mengetahui kondisi terkini jalur pendakian sekaligus menjadi pertimbangan dalam kegiatan berikutnya. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.