AC Mobil Tidak Dingin? Ini Penyebabnya

(Mounture.com) — Ketika mobil tiba-tiba mengalami kondisi AC yang menjadi tidak dingin atau panas, pastinya akan membuat tidak nyaman terlebih saat dalam perjalanan. Lantas, apa penyebab dari AC tiba-tiba menjadi tidak dingin lagi?

Melansir laman Suzuki Indonesia, dijelaskan bahwa kondisi AC mobil yang tiba-tiba menjadi panas pada saat mobil dijalankan biasanya disebabkan karena ada masalah pada komponen magnetic clutch. Komponen ini adalah komponen yang berfungsi menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin.

Ada beberapa gejala magnetic clutch bermasalah, diantaranya:

1. Blower AC tetap hidup tapi tiba-tiba embusan angin dari AC terasa panas, lalu disusul putaran mesin meningkat di sekitar 1.000-1.500 RPM seperti sedang diinjak pedal gas padahal gas tidak diinjak. Pada kejadian biasanya AC akan dimatikan beberapa saat, dan setelah dinyalakan kembali, suhu AC kembali normal.

2. Keluhan AC yang panas secara tiba-tiba mayoritas terjadi ketika kendaraan terjebak kemacetan atau saat melaju kencang di jalan tol. Kejadian ini biasanya akan terus berulang. Awalnya akan muncul satu bulan sekali, lalu menjadi dua minggu sekali, dan akhirnya menjadi seminggu sekali dan bisa juga semakin sering terjadi jika tidak segera dicari solusinya.

3. Ada bunyi mirip gesekan besi kemudian tak lama AC jadi tidak dingin dan muncul bau sesuatu yang terbakar (gosong). Jika ini dibiarkan bisa berakibat fatal dan AC mobil bisa mengalami kerusakan.

Untuk menghindari masalah tersebut, disarankan untuk melakukan perawatan rutin pada AC mobil minimal dalam enam bulan sekali, dan saat mulai muncul masalah, langsung bawa kendaraan ke bengkel. (MC/RL)

Foto: dok. Suzuki Indonesia

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.