Mau Jadi Pemandu Gunung? Harus Punya Kemampuan Ini

(Mounture.com) — Menjadi pemandu dalam perjalanan, khususnya pemandu di gunung merupakan salah satu tugas yang bisa dikatakan cukup berat, pasalnya sebagai seorang pemandu, kalian diharuskan mengetahui mengenai seluk beluk kawasan tempat kalian berada.

Selain itu, tanggung jawab pemandu yang tidak mudah salah satunya adalah menjaga keamanan dan keselamatan tim menjadi tugas utama seorang pemandu. Berikut ini beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh pemandu gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Manajemen Perjalanan,

Seorang pemandu harus bisa dan paham mengenai manajemen. Perencanaan dari sebelum keberangkatan, saat dan sampai selesainya trip.

2. Pertolongan pertama gawat darurat (PPGD),

Seorang pemandu harus paham bahwa kegiatan mendaki gunung memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu wajib memiliki kemampuan PPGD ini, misalnya ketika tamu mengalami hypothermia, maka pemandu sudah tahu cara penanganannya.

3. Navigasi darat,

Seorang pemandu harus bisa membaca medan, peta dan menyusun waktu perjalanan. Kemampuan ini harus dimiliki bertujuan agar ketika mengalami disorientasi medan, pemandu tidak bingung dan panik.

4. Survival,

Pemandu wajib mempunyai kemampuan dan teknik bertahan hidup, dan bermental kual. Selain itu, kemampuan pemandu membikin api, tentunya akan sangat berguna saat dalam keadaan darurat.

5. Perencanaan,

Seorang pemandu wajib memiliki kemampuan untuk menyusun perencanaan perjalanan dari penjemputan (meeting point), kegiatan dan sampai selesainya acara atau trip. Selain itu, seorang pemandu juga diharuskan untuk membuat perencanaan untuk perbekalan maupun alat-alat apa yang harus disiapkan peserta.

6. Melakukan evaluasi,

Seorang pemandu harus bisa menguasai kemampuan untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan, mulai dari catatan keuangan, dokumen tamu, catatan perjalanan dan lainnya. Pasalnya evaluasi seperti itu diperlukan untuk trip selanjutnya. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.