0

Batu Kuda Bisa Jadi Lokasi Wisata Alternatif di Akhir Pekan

  • 10 September 2022 08:09

(Foto: dok. Perhutani)

Mounture.com — Melakukan liburan di alam bebas merupakan salah satu momen yang cukup diminati oleh masyarakat. Banyak lokasi wisata alam yang menawarkan berbagai keindahan dan keunikannya tersendiri untuk bisa dikunjungi wisatawan.

Salah satunya ialah objek wisata Batu Kuda yang berada di Bandung Timur, Jawa Barat. Wisata alam ini masuk di kawasan Resort Pangkuan Hutan (RPH) Ujung Berung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Manglayang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara.

Kepala Sub Seksi Hukum Kepatuhan dan Komunikasi Perusahaan (KSS HK2P) Endan Cahyadi, mengatakan daya tarik utama dari destinasi wisata ini yaitu dari area hutan pinus yang memiliki pemandangan asri.

“Untuk menuju ke lokasi wisata Batu Kuda aksesibitasnya cukup bagus. Suasananya asri, adem, udaranya sejuk karena jauh dari perkotaan, dan lokasinya berada di atas ketinggian,” katanya dikutip dari laman Perhutani.

Salah satu pengunjung wisata Batu Kuda asal Cikutra, Naya menuturkan bahwa objek wisata Batu Kuda tersebut hampir setiap titik lokasi merupakan hamparan rumput hijau dan ditumbuhi oleh pohon Pinus.

“Sambil menggelar tikar, semakin terasa sejuk jika Anda bersantai. Selain itu kita bisa melihat hamparan perkotaan dari atas deck yang ada di lokasi Batu Kuda,” tukasnya.

BACA JUGA: Curug Panglebur Gongso, Wisata Alam Seru di Kendal

Lokasi wisata ini berada di kaki Gunung Manglayang dengan ketinggian antara 1.150 – 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jadi wajar, jika lokasi wisata ini terbilang cukup sejuk, asri terlebih dengan adanya hutan pinus yang indah.

Di lokasi ini akan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti piknik bareng keluarga, hammock, hiking, camping hingga berfoto sembari ngopi bareng. Tak hanya itu, wisata Batu Kuda juga memiliki beberapa tempat menarik, diantaranya area hutan pinus, dermaga batu kuda atau menara pandang, dan situs batu kuda.

Untuk bisa berkunjung ke objek wisata Batu Kuda ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang untuk hari biasa, Rp12 ribu per orang untuk akhir pekan atau libur nasional. Sementara biaya lainnya, seperti biaya parkir akan dikenakan tarif Rp2.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil. (MC/PC)