0

Biaya Transportasi Umum Menuju Gunung Cikuray via Pemancar

Mounture.com — Gunung Cikuray yang berada di Garut, Jawa Barat merupakan salah satu gunung yang dikenal dengan jalur pendakiannya yang cukup melelahkan. Gunung dengan ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki beberapa jalur pendakian.

Jalur pendakian Gunung Cikuray itu diantaranya via Pemancar, Kiarajanggot, Bayongbong, Tapak Geurot, dan Olan, Cikajang. Adapun jalur pendakian favorit yang sering dilintasi pendaki ialah melalui Pemancar.

Jalur pendakian via Pemancar menjadi favorit dikarenakan trek pendakiannya lebih ramah dibandingkan jalur lainnya, kemudian akses transportasinya pun paling mudah. Basecamp pendakian Gunung Cikuray via Pemancar sendiri berada di Desa Dawungsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

BACA JUGA: Catatan Pendakian ke Gunung Cikuray via Kiarajanggot di Era Normal Baru

Bagi kalian yang akan melakukan pendakian ke Gunung Cikuray via Pemancar, akan ada banyak moda transportasi yang bisa digunakan salah satunya kendaraan umum. Adapun untuk menggunakan transportasi umum kalian bisa menggunakan bus untuk kemudian lanjut menggunakan angkutan kota dan jasa ojek.

Untuk yang datang dari Jakarta, kalian bisa menggunakan bus jurusan Garut seperti Primajasa atau Karunia Bakti untuk kemudian turun di Terminal Guntur. Sedangkan jika datang dari arah Bandung, bisa menggunakan elf atau bisa dengan jurusan Garut dan turun di Terminal Guntur.

BACA JUGA: Biaya Transportasi untuk Mendaki Gunung Gede Pangrango via Cibodas

Sesampainya di Terminal Guntur, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota (angkot) nomor 06, jurusan Cilawu, dan turun di pertigaan Genteng. Selanjutnya, kalian bisa menggunakan jasa ojek sampai ke Pemancar.

Jika mendaki secara rombongan, kalian bisa mencarter atau sewa angkot dari Terminal Guntur langsung menuju ke Pemancar dengan harga yang bervariasi, tergantung seberapa hebatnya kalian dalam negoisasi atau tawar-menawar.

Berikut ini estimasi biaya transportasi umum dari Jakarta menuju ke Gunung Cikuray via Pemancar.

1. Bus Primajasa (Lebak Bulus – Garut) biaya tiketnya Rp80 ribu per orang.

2. Angkot 06 (Terminal Guntur – Cilawu) Rp5 ribu

3. Ojek ke Pemancar Rp25 ribu sampai Rp35 ribu (tergantung negoisasi).

Untuk yang ingin melakukan carter atau sewa angkot dari Terminal Guntur ke Pemancar biayanya sekitar Rp40 ribu sampai dengan Rp60 ribu per orang tergantung kelihaian dalam negoisasi alias tawar-menawar. Namun, perlu diingat ke semua biaya-biaya tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. (MC/LS)