0

Biaya Transportasi untuk Mendaki Gunung Gede Pangrango via Cibodas

Alun-alun Suryakencana, Gunung Gede (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Sebagai salah satu gunung favoritnya pendaki, Gunung Gede Pangrango yang berada di Cianjur, Jawa Barat seringkali diramaikan pendaki baik di hari kerja ataupun akhir pekan.

Untuk bisa mendaki ke Gunung Gede Pangrango, calon pendaki bisa melalui beberapa jalur pendakian, yakni Cibodas, Putri, dan Selabintana. Adapun jalur pendakian via Cibodas, merupakan salah satu jalur paling ramai dilintasi pendaki.

Lantas, bagaimana caranya untuk bisa sampai ke basecamp Cibodas dari Jakarta? Tenang, nggak perlu khawatir, karena pendaki bisa menggunakan beberapa pilihan moda transportasi, yakni kendaraan pribadi atau umum. Untuk kendaraan umum, kalian bisa memilih menggunakan bus atau kereta dari Jakarta.

BACA JUGA: 14 Agustus 2022, TN Gunung Gede Pangrango Tutup Kegiatan Pendakian

Untuk menggunakan bus, kalian bisa naik bus Marita jurusan terminal Kampung Rambutan – Cianjur via Puncak dan turun di pertigaan Kebun Raya Cibodas lalu kemudian naik ojek untuk sampai ke basecamp-nya.

Biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan bus Marita dari Jakarta sekitar Rp40.000 per orang untuk jarak terjauh serta biaya ojek sekitar Rp25 ribu.

Selain bus, kalian juga bisa menggunakan kereta yakni KRL jurusan ke Bogor dengan biaya Rp6.000. Dilanjutkan dengan naik angkutan menuju ke terminal Baranangsiang, lalu naik elf jurusan Cianjur, kemudian turun dipertigaan Kebun Raya Cibodas, dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Kisaran biaya yang dibutuhkan dari Stasiun Bogor ke Cibodas mencapai Rp30 ribu per orang. Namun perlu dicatat, biaya-biaya tersebut bisa sewaktu-waktu berubah. (MC/LS)