Hati-hati, Status Gunung Rinjani di Level Waspada

  • 9 August 2022 07:04

Penampakan Gunung Barujari (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mengungkapkan bahwa aktivitas Gunung Rinjani masih berada di level II atau Waspada.

Hal ini tertuang dalam surat Nomor 393.Lap/Gl.05/BGL/2022 dari Badan Geologi Kementerian Sumber Daya Mineral tanggal 4 Agustus 2022 Perihal Evaluasi Aktivitas Gunung Rinjani pada Level II (Waspada). Adapun hasil evaluasi tersebut berdasarkan dari tingkat aktivitas Gunung Rinjani periode 16 – 31 Juli 2022.

“Dihimbau kepada masyarakat/pendaki/pengunjung /wisatawan agar tidak melakukan aktivitas/berkemah di dalam area tubuh Gunung Barujari di dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Baru Jari,” tulis akun instagram resmi TNGR (@btn_gn_rinjani).

BACA JUGA: Estimasi Waktu Mendaki Gunung Rinjani via Sembalun

Lebih lanjut diungkapkan bahwa untuk masyarakat/pendaki/pengunjung /wisatawan yang beraktivitas di luar radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Barujari diharapkan untuk selalu menyiapkan masker, penutup hidung dan mulut serta pelindung mata agar terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan iritasi mata jika terjadi letusan abu.

“Semeton Rinjani, jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan diharapkan untuk menghubungi hotline number TNGR atau petugas di pintu pendakian terdekat,” ungkap akun instagram TNGR. (MC/RIL)