0

TNKS Lakukan Pembersihan Jalur Pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan

  • 10 Agustus 2022 07:10

Foto: dok. TN Kerinci Seblat

Mounture.com — Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB TNKS) Wilayah II Sumatera Barat bersama dengan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah IV menggelar kegiatan pembersihan dan pemeliharaan jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut hari konservasi alam nasional dan persiapan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Melalui akun instagram resmi TNKS (@bbtn_kerinciseblat), menjelaskan bahwa jalur pendkaian Gunung Kerinci via Solok Selatan ini memiliki gerbang pintu masuk di Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir.

“Di sana saat ini telah tersedia visitor center yang dilengkapi dengan MCK, camping ground, menara pengamatan, dan listrik dari mikrohidro. Visitor center merupakan titik awal dimulainya pendakian,” tulis akun instagram TNKS.

BACA JUGA: Gunung Kerinci via Solok Selatan Akan Dibuka Kembali

Adapun kegiatan pembersihan dan pemeliharaan jalur ini dilaksanakan untuk menyediakan dan memperbaharui tanda-tanda petunjuk arah pendakian, lokasi camp, sumber air, dan lain-lain di sepanjang jalur pendakian dimulai dari visitor center sampai dengan Tugu Yuda.

Foto: dok. TN Kerinci Seblat

“Bagi kamu-kamu yang pengen mendaki Gunung Kerinci via Solok Selatan, paling tidak harus menyediakan waktu 5 hari 4 malam ya. Tapi tenang, keindahan dan daya tarik sepanjang jalurnya worth it banget dengan waktu dan usaha yang bakal kalian keluarkan,” tulis TNKS via instagram. (MC/LS)