Catatan Pendakian ke Gunung Cikuray via Kiarajanggot di Era Normal Baru

dok. instagram/@hendy_su18

Mounture.com — Melakukan pendakian di waktu masa kenormalan baru ini memang terbilang susah-susah gampang, di mana hampir setiap jalur pendakian menerapkan berbagai aturan baru demi mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

Namun, dari sekian banyak pengelola jalur pendakian yang menerapkan banyak aturan, ternyata ada juga pengelola gunung yang masih memberikan beberapa kelonggaran dalam syarat-syarat untuk mendaki bagi para pendaki, salah satunya adalah jalur pendakian Gunung Cikuray via Kiarajanggot.

Hal ini dicerita oleh Adam Maulana (@dam_maul), beberapa waktu lalu. Menurut dia, pengelola jalur pendakian masih memberikan kemudahan bagi calon pendaki ke gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat itu, meski masih tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Berikut ini beberapa tahapan dalam melakukan pendaftaran untuk melakukan pendakian ke Gunung Cikuray via Kiarajanggot.

1. Siapkan KTP asli untuk ditunjukkan ke petugas,
2. Surat kesehatan dari Puskesmas,
3. Biaya perizinan sebesar Rp20 ribu per orang,
4. Parkir motor Rp10 ribu,
5. Membawa masker dan hand sanitizier.

Perlu diketahui, untuk melakukan perijinan pendakian, calon pendaki disarankan untuk melakukannya sebelum pukul 09.00 WIB. Selain itu, disarankan untuk melakukan pendakian tidak pada akhir pekan (weekend) di mana pada weekend dikatakan sangat membludak.

Disarankan pula untuk melakukan pendakian via jalur Kiarajanggot ini maksimal pukul 16.00 WIB. Dan bagi yang ingin bermalam, disarankan untuk bermalam di lokasi lain selain basecamp, sebab lokasi basecamp rame dan terbuka jadi bisa mengganggu kenyamanan kalian. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.