0

Perbandingan Frame Tenda Aluminium dan Fiberglass

Ilustrasi penggunaan tenda (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Frame pada tenda merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di tenda. Frame tenda sendiri berfungsi sebagai kerangka untuk tenda bisa berdiri, saking pentingnya, frame tenda harus memiliki kekuatan serta daya tahan yang mumpuni.

Frame tenda memiliki dua bahan yang populer digunakan, yakni berbahan aluminium dan fiberglass. Kedua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

BACA JUGA: Cara Lindungi Tenda dari Kerusakan saat Dibawa Pendakian

Adapun frame tenda berbahan aluminium, saat ini terbilang lebih banyak digunakan oleh pendaki gunung. Sebab, frame berbahan aluminium memiliki bobot yang ringan dan cenderung memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan frame berbahan fiberglass.

Namun, frame aluminium memiliki beberapa kekurangan yaitu mudah korosi jika dibandingkan dengan yang berbahan fiberglass. Selain itu, frame jenis ini harganya lebih tinggi alias mahal.

BACA JUGA: 6 Jenis Tenda untuk Mendaki Gunung

Sementara frame tenda berbahan fiberglass memiliki kelebihan dari sektor harga yang lebih terjangkau, dan tidak mudah korosi jika dibandingkan dengan frame aluminium.

Namun frame jenis ini memiliki kekurangan berupa bobot yang lebih berat, kelenturan yang kurang baik, sambungan frame lebih mudah rusak, dan tidak terlalu kuat jika dibandingkan frame aluminium. (MC/LS)