0

Mitos Mengenai Tanjakan Bapa Tere di Ciremai

  • 22 Januari 2019 07:56

(Mounture.com) — Siapa tidak kenal dengan Tanjakan Bapa Tere yang berada di jalur pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati. Tanjakan ini merupakan salah satu tantangan bagi para pendaki yang mendaki ke gunung dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kenapa disebut tantangan? Karena tanjakan ini begitu terjal, bahkan memiliki sudut kemiringan yang hampir vertikal dengan tinggi antara 10-15 meter. Tanjakan ini konon mitosnya digambarkan seperti bapak tiri dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya tanjakan ini memiliki trek yang menantang dan ‘menyiksa’, laiknya seorang bapak tiri yang tengah berbuat kejam kepada anaknya. Selain itu, tanjakan disebut bapa tere karena mitos yang dikenal oleh para pendaki, bahwa konon ada seorang bapak tiri yang mengajak anaknya untuk mendaki Gunung Ciremai.

Namun, bukan perjalanan yang menyenangkan yang didapatkan si anak, tetapi malah hilangnya nyawa si anak karena dibunuh oleh bapak tiri di tanjakan ini. Kendati demikian, ini adalah mitos-mitos yang ada di sekumpulan pendaki saja. Mau benar atau tidak tetap saja tanjakan ini penuh dengan tantangan dan butuh tenaga ekstra untuk melaluinya. (MC/DC)

Foto: Instagram/@putra_swnd