0

Kisah Tentang Puncak Nenek Mori

  • 3 September 2018 08:38

(Mounture.com) — Puncak Nenek Mori merupakan salah satu puncak yang ada di gunung Latimojong. Adapun asal usul nama puncak ini banyak dikisahkan oleh orang-orang setempat.

Konon, dahulu kala ada seorang nenek yang memiliki cucu bernama Mori. Sang Nenek sering berburu ke hutan dan memanggil anoa ke puncak gunung untuk memenuhi kebutuhan pangan dia dan cucunya.

Sebelum neneknya meninggal, Mori mendapat pesan agar selalu mengikuti cara neneknya berburu anoa. Namun, Mori melupakan janji pada neneknya. Karena menyesal, Mori tetap mengunjungi gunung bebatuan yang biasa neneknya gunakan untuk memanggil anoa-anoa hingga sekarang. Itulah sebagian asal mula nama salah satu puncak Pegunungan Latimojong.

Puncak Nene Mori tingginya 3.097 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan puncak tertinggi kedua di Latimojong. Jalur percabangan antara puncak Nene Mori dan Rante Mario bisa terlihat sebelum menuju pos 7 (Batu Bolong) Gunung Latimojong. Jarak tempuh dari jalur ini ke puncak Nene Mori sekitar 2 – 2,5 jam. (MC/PC)

Sumber dan Foto: Instagram/@andika_anjani