0

Mengenal Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel

  • 14 Juni 2022 07:00

(Foto: dok. TN Gunung Merbabu)

Mounture.comGunung Merbabu yang masuk kedalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) berada diantara Kabupaten Magelang, Salatiga dan Boyolali, Jawa Tengah ini merupakan salah satu gunung favorit para pendaki.

Gunung dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mempunyai lima jalur pendakian resmi diantaranya Selo (Boyolali), Thekelan (Kopeng, Salatiga), Suwanting (Magelang), Wekas (Magelang) dan Cuntel (Magelang).

Adapun jalur pendakian via Cuntel bisa menjadi pilihan untuk melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, sebab jika melalui jalur ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan di sebelah utara dan barat diantaranya adalah Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Sementara di sebelah timur terdapat view rawa pening, dan sebelum pemancar terdapat hamparan bunga Edelweiss. Jika melalui jalur ini, maka kalian akan bertemu dengan batas tiga kabupaten (Semarang, Magelang, Boyolali), pertemuan antara jalur pendakian Cuntel, Wekas dan Thekelan.

Baca juga: Ini Kapasitas Maksimal Pendaki di Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Jika melintasi jalur via Cuntel ini, puncak pertama yang akan dijumpai adalah Puncak Syarif, lalu menyeberang menuju Puncak Kenteng Songo dan Puncak Triangulasi.

Pada awal titik pendakian, kalian akan melintasi perkampungan, lalu dilanjutkan dengan melintasi perkebunan penduduk. Jalur sudah mulai menanjak mendaki perbukitan yang banyak ditumbuhi pohon pinus.

Jalan setapak berupa tanah kering yang berdebu terutama di musim kemarau, sehingga mengganggu mata dan pernapasan. Untuk itu, sebaiknya pendaki menggunakan masker pelindung atau buff dan kacamata.

Di jalur pendakian via Cuntel akan dijumpai sumber mata air di sekitar Pos I, sehingga para pendaki bisa mengisi kebutuhan air pos tersebut. Sepanjang perjalanan dari pintu masuk pendakian Cuntel akan dijumpai berbagai macam flora maupun fauna (satwa).

Adapun untuk bisa menuju ke jalur pendakian via Cuntel dapat ditempuh dari kota Salatiga menggunakan mini bus jurusan Salatiga – Magelang kemudian turun di areal wisata Kopeng. Untuk menuju ke dusun Cuntel bisa berjalan menyusuri jalan beraspal sejauh kurang lebih 2,5 kilometer, atau dengan menggunakan jasa ojek. (MC/PC)