0

Fakta Seputar Kawasan TN Bromo Tengger Semeru

  • 20 September 2022 07:04

Foto: dok. TN Bromo Tengger Semeru

Mounture.comTaman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berada di empat kabupaten, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang di Provinsi Jawa Timur.

Kawasan ini merupakan salah satu destinasi favorit tujuan para wisatawan, baik yang ke Gunung Bromo ataupun mendaki ke Gunung Semeru. Nah, berikut ini beberapa fakta seputar kawasan TN Bromo Tengger Semeru yang dikutip dari akun instagram Ayo ke Taman Nasional (@ayoketamannasional_official), antara lain:

1. Satu-satunya Taman Nasional (TN) di Indonesia yang memiliki hamparan lautan pasir seluas 6.000 hektare. Adapun total luasannya mencapai 50,275,02 hektare.

2. Bentang alam berpasir ini sering disebut Laut Pasir Tengger yang berbatasan dengan dinding terjang Kaldera di dataran 200 – 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di tengah lautan pasir, menjulang empat gunung yang memuncak di Mahameru, empat danau, dan 50 sungai.

3. TN Bromo Tengger Semeru dipandang sebagai perpaduan keseimbangan ekologi dan ekonomi, di mana ekonomi Bromo Tengger Semeru mampu menopang ekonomi masyarakat setempat.

4. Adapun untuk musim kunjungan terbaik adalah bulan Agustus dan Desember (saat musim liburan), kecuali saat gunung sedang terjadi erupsi. (MC/LS)