0

Ulasan Mengenai TN Lorentz di Papua

  • 19 September 2022 07:13

Foto: dok. instagram/@ayoketamannasional_official

Mounture.com — Taman Nasional (TN) Lorentz merupakan sebuah taman nasional yang berada diantara tiga provinsi di Pulau Papua, yakni Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan. Taman Nasional yang terkenal dengan puncak jaya atau cartenz ini memiliki luas wilayah 2.505.600 hektare.

Pada 2004, TN Lorentz mendapat pengakuan sebagai Asean Heritage Parks. Keunikan kawasan ini berupa formasi gua-gua karst yang perkasa dan paling menarik di dunia. Sungai Baliem Timur menjadi salah satu contoh sungai bawah tanah yang mengalir mengikuti gua karst terluas di dunia.

Situs Alam Warisan Dunia ini menyimpan Danau Habema yang banyak dikunjungi wisatawan. Menghampar pada 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) atau nyaris setinggi Puncak Mahameru di Jawa Timur, di mana air danaunya bersuhu 10 – 15 derajat celcius.

Danau Habema berada di pegunungan Trikora, 41 kilometer dari Kota Wamena. Danau ini hanya dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor selama kira-kira 3 jam, melewati hutan.

Vegetasi di sekitar danau ini berbeda dengan hutan tropis di kawasan lain di Indonesia. Dengan ketinggian 3.000 mdpl, tidak banyak tumbuhan yang mampu hidup di Lorentz.

BACA JUGA: Satwa Langka Dari Taman Nasional Lorentz

Namun ada beberapa vegetasi yang belum dikenal yang tumbuh memenuhi lahan basah. Kunjungan ke taman nasional ini biasanya mulai ramai pada bulan Agustus, bertepatan dengan Festival Lembah Baliem. Saat perhetelan acara ini, masyarakat Baliem menyajikan tari-tarian dan tradisi budaya.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi TN Lorentz, maka bisa mengaksesnya melalui beberapa jalur, yaitu Timika, Nabire, Enarotali, Wamena, Merauke, Mulia. Adapun dari kota-kota tersebut bisa dijangkau dengan transportasi udara dari kota Jayapura dengan waktu tempuh antara 1 – 2 jam perjalanan.

Berikut ini estimasi perjalanan menuju ke TN Lorentz dikutip dari akun instagram Ayo ke Taman Nasional (@ayoketamannasional_official).

Jakarta – Jayapura (kurang lebih 5 jam 30 menit), Jayapura – Wamena (pesawat kurang lebih 45 menit) – Kantor TN Lorentz (roda empat kurang lebih 15 menit)
Kantor TN Lorentz/Wamena – Kawasan Darat kurang lebih 3 jam.

Jakarta – Timika (pesawat kurang lebih 4 jam 45 menit)
Bandara Timika – Kantor SPTN 1 (roda empat kurang lebih 30 menit) – TN Lorentz (roda empat kurang lebih 1 jam dan speed boat 4 jam) Wamena – Timika (pesawat kurang lebih 1 jam). (MC/RIL)