0

TN Gunung Merbabu Larang Pendakian via Jalur Timboa

  • 18 September 2022 07:08

Foto: dok. TN Gunung Merbabu

Mounture.comTaman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) melarang penggunaan jalur pendakian Gunung Merbabu via Timboa. TNGMb pun menyatakan bahwa jalur pendakian yang berada di Desa Ngadirojo, Kecamatan Gladagsari itu merupakan ilegal alias tidak resmi.

“Balai TN Gunung Merbabu bersama dengan Forkompimca Gladagsari (Polsek dan Koramil), Pemerintah Desa Ngadirojo, Ketua RT, tokoh masyarakat dan masyarakat Dusun Timboa melakukan pertemuan dan bersepakat bahwa Timboa bukan jalur pendakian resmi,” tulis TNGMb melalui akun instagram resminya (@btn_gn_merbabu).

Adapun tidak diperbolehkannya penggunaan jalur Timboa bukan hanya sebatas larangan belaka. Namun memiliki tujuan yang baik, sebab kawasan itu merupakan area dengan keanekaragaman hayati yang tinggi sehingga perlu dilakukan penegakan hukum konservasi yang tegas.

BACA JUGA: Langkah Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Merbabu

TNGMb pun telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai aturan dan sanksi pendakian ilegal. Bahkan, pihak Polsek turut mendukung penuh dalam penegakan hukum konservasi.

Adapun untuk mengantisipasi adanya kegiatan pendakian, pihak TNGMb pun melakukan pemasangan spanduk larangan pendakian di jalur tersebut. Jika ada pendaki yang nekat, akan dilakukan pemanggilan serta pembinaan.

“Pemasangan spanduk larangan pendakian dilakukan bersama-sama di jalan masuk Dusun Timboa Desa Ngadirojo sebagai peringatan bagi setiap yang melewati. Ingat ya #sobatmerbabu, tidak diperbolehkan melakukan pendakian melalui Timboa,” tulis TNGMb via instagram. (MC/RIL)