0

Langkah Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Merbabu

  • 7 September 2022 07:07

Tugu Puncak Trianggulasi di Gunung Merbabu (dok. TNGMb)

Mounture.comGunung Merbabu yang berada di Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi pendakian favorit. Untuk bisa mendaki ke gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, pendaki bisa melalui beberapa jalur pendakian resmi.

Adapun Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) sebagai pengelola kawasan Gunung Merbabu telah menerapkan sistem booking online untuk pendaki yang akan melakukan pendakian ke gunung tersebut.

Tak sampai disitu, pendaki diminta melakukan beberapa persyaratan lainnya secara offline atau saat tiba di basecamp sebelum benar-benar bisa melakukan pendakian ke Gunung Merbabu. Nah, berikut ini beberapa langkah persiapan sebelum mendaki Gunung Merbabu.

1. Pengecekan kode booking online

Pada saat tiba di lokasi, pendaki diminta untuk melakukan pengecekan kode booking online yang didapat dari pengisian data di laman booking online TN Gunung Merbabu saat melakukan registrasi online.

2. Pengecekan formulir

Setelah melakukan pengecekan kode booking online, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan formulir yang diisikan saat melakukan registrasi online apakah sesuai atau tidak dari data yang dimasukkan.

BACA JUGA: Cara Batalkan Booking Online Pendakian Gunung Merbabu

3. Pengecekan perlengkapan pribadi

Untuk bisa melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, pendaki diharuskan membawa berbagai perlengkapan standar pendakian. Nantinya, perlengkapan tersebut akan dilakukan pengecekan oleh petugas.

4. Pengecekan logistik

Selain perlengkapan, pendaki juga diminta untuk melakukan pengecekan logistik yang dibawa selama pendakian ke Gunung Merbabu.

5. Briefing

Calon pendaki akan diminta untuk ikut briefing sebelum memulai pendakian.

BACA JUGA: Ini Cara Booking Online Pendakian Gunung Merbabu

6. Check In

Setelah semua telah lengkap, maka calon pendaki akan diminta untuk melakukan check in di pintu pendakian.

7. Gelang RFID

Untuk jalur pendakian via Selo, pendaki akan dipinjamkan gelang RFID yang harus digunakan oleh perwakilan pendaki. Nantinya setelah selesai pendakian, gelang tersebut harus dikembalikan ke petugas.

8. Bayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

Langkah terakhir ialah membayar PNBP yang telah ditetapkan, besarannya sesuai dengan lama hari serta jumlah rombongan pendaki. Pastikan untuk membayar sesuai yang tertera pada form di sistem booking online. (MC/LS)