Estimasi Waktu Mendaki Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik

Pos 4 jalur pendakian Gunung Sumbing via Mangli (dok. instagram/@knuga88)

Mounture.com — Gunung Sumbing yang berada di wilayah Jawa Tengah merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru, dan Gunung Slamet. Gunung dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki banyak jalur pendakian, salah satunya adalah jalur pendakian via Mangli Kaliangkrik, Magelang.

Kendati tak sepopuler jalur lainnya, namun jalur pendakian via Mangli ini terbilang lebih pendek untuk menuju ke puncak Gunung Sumbing, sehingga akan lebih singkat perjalanannya dengan melintasi jalur ini.

Nah, kali ini Mounture.com akan membahas mengenai estimasi waktu mendaki Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik.

– Basecamp ke Pos 1 (Kongsen) membutuhkan waktu perjalanan sekitar 60 kilometer dengan jarak kurang lebih 1,3 kilometer. Namun, jika ingin mempersingkat waktu, kalian bisa menggunakan jasa ojek yang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Pos 1.

– Pos 1 ke Pos Bayangan ditempuh dengan jarak 1,2 kilometer dengan waktu sekitar 60 menit. Medan yang akan dilalui agak menanjak berupa jalan akar berlumut dan vegetasi masih lebat.

– Pos Bayangan ke Pos 2 (Siruwet) dengan jarak tempuh 1 kilometer dengan waktu sekitar 60 menit. Jalur yang akan dilalui berupa trek tanah dengan vegetasi agak lebat. Di Pos 2 ini terdapat sungai yang bisa menjadi sumber mata air, serta bisa dijadikan sebagai lokasi mendirikan tenda juga.

– Pos 2 ke Pos 3 (Camp Sunrise) berjarak 1,3 kilometer dengan waktu tempuh 75 menit. Dari Pos 2, kalian diharuskan mengambil jalur belok ke kanan melewati jembatan kayu kecil dan langsung menanjak. Usai melintasi tanjakan Debus kalian akan berjumpa dengan vegetasi yang mulai terbuka.

Sebagai catatan, di Pos 3 yang berada di ketinggian 2.647 mdpl ini dapat menampung banyak tenda, sehingga seringkali dijadikan lokasi camp oleh para pendaki. Di sebelah barat, akan tampak Pos 3 jalur Butuh, di mana kedua jalur pendakian ini akan bertemu saat menuju ke Pos 4.

– Pos 3 ke Pos 4 (Pohon Tunggal) berjarak 1,3 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 75 menit. Di jalur ini terbilang agak landai dan akan melintasi dua sungai musiman. Di Pos 4 ini juga terdapat area camp yang cukup luas, namun pendaki diminta waspada akan badai gunung yang sering melanda di Pos 4 ini.

– Pos 4 ke Puncak Sejati dengan jarak 1 kilometer yang akan memakan waktu sekitar 75 menit perjalanan. Jalur ini memiliki trek yang cukup menguras tenaga dengan kontur jalan menanjak. Sebelum menuju ke Puncak Sejati, kalian akan bertemu dengan Puncak Watu Lawang.

Sebagai informasi, untuk sumber mata air di jalur ini terdapat di Pos 1, Pos 2, sungai 2 (sebelum Pos 3) dan sungai 3 (sebelum Pos 4), serta di Pos 4. Namun untuk sumber air di Pos 4 ini tidak begitu disarankan, karena medannya yang sulit.

Adapun estimasi waktu ini hanyalah sebuah gambaran, di mana masing-masing individu memiliki fisik yang berbeda dan mungkin saja bisa lebih lama atau lebih cepat dari perkiraan waktu ini. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.