Ini Cara Akses Tiket Pendakian Gunung Rinjani

Puncak Gunung Rinjani (Mounture.com/Agus)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) telah memberlakukan booking online untuk bisa mendaki ke Gunung Rinjani. Adapun booking online itu bisa dilakukan oleh calon pendaki melalui aplikasi e-Rinjani yang bisa diunduh melalui Playstore (Android).

Usai melakukan pendaftaran melalui aplikasi tersebut, maka calon pendaki akan mendapatkan e-ticket yang diperuntukkan sebagai alat bukti saat akan melakukan pendakian ke gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Nantinya, petugas TNGR akan melakukan pemeriksaan terkait e-ticket booking online tersebut, beserta dengan syarat-syarat lainnya. Nah, bagi yang masih bingung untuk cara mengakses tiket untuk check-in pendakian, berikut ini cara mengakses e-ticket bagi yang sudah melakukan pembayaran seperti dilansir dari laman TNGR, rinjaninationalpark.id.

Pertama, calon pendaki bisa melihat e-ticket tersebut di aplikasi eRinjani, atau bisa melalui pesan yang ada di email yang digunakan untuk mendaftar akun eRinjani. Kemudian, untuk bisa melakukan check-in, calon pendaki bisa memperlihatkan QR Code tiket melalui aplikasi eRinjani atau dengan mengunduh tiket melalui aplikasi eRinjani atau inbox email lalu mencetak tiket tersebut.

Sebagai informasi, di era kenormalan baru ini, TNGR menerapkan beberapa aturan bagi yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, diantaranya wajib melakukan booking online melalui aplikasi eRinjani.

Kemudian, jumlah kelompok maksimal 6 orang, berasal dari daerah asal yang sama dan bukan zona merah. Selanjutnya, wajib memasuki briefing room untuk memperoleh informasi petugas. Lalu, wajib menunjukkan perlengkapan standar kesehatan dan perlengkapan standar pendakian untuk dicek petugas.

Menggunakan tenda yang diisi maksimal 50 persen dari kapasitas tenda, menyimpan ePrint, menjaga jarak, membawa kantong sampah (trash bag), dan wajib lapor ke petugas di pintu keluar. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.