0

Ini Tips Memilih Hammocks

  • 21 Desember 2019 07:07

(Mounture.com) — Bagi kalian pehobi petualang, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Hammock atau tempat tidur gantung. Ya, ini merupakan sarana bagi kalian untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan alam di sekitar.

Namun bagi kalian yang baru ingin memiliki hammock, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli hammock. Tujuannya agar keamanan dan kenyamanan kalian tetap terjaga saat menggunakannya. Berikut ini 5 hal yang perlu kalian cermati saat memilih hammock seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mencari hammock berbahan parasut silk

Kualitas bahan hammock tentu bakal menunjang kenyamanan kalian ketika bersantai di tempat liburan. Untuk itu, dianjurkan memilih hammock berbahan parasut silk. Alasannya karena hammock jenis ini memiliki bahan kuat serta ringan saat dibawa.

Dengan bahan yang relatif ringan tentu tidak akan membebani perjalanan kalian selama liburan. Keunggulan hammock ini juga terletak pada bahannya yang memudahkan proses sirkulasi udara. Selain itu, hammock dengan bahan parasut silk ini juga bisa mengatur pernapasan secara lancar dan nyaman.

Untuk mengetahui apakah hammock yang dipilih menunjang proses sirkulasi udara, kalian bisa menempelkan bahannya ke hidung, mulut, atau wajah. Setelah itu tarik dan hembuskan nafas melalui hidung di sana. Apabila kesulitan bernafas, maka hammock tersebut tidak memudahkan proses pertukaran udara. Harap dicek sebelum yakin membelinya.

2. Memilih Hammock dengan tali pengait berbahan nilon

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih hammock adalah tali pengait. Pastikan kalian mencari hammock dengan tali pengait yang kuat agar mampu menahan beban berat dalam kurun waktu lama. Dengan begitu, kenyamanan kalian selama liburan bakal tidak terganggu karena tali tidak mudah putus.

Kalian bisa memilih hammock dengan tali pengait berbahan nilon. Alasannya karena tali jenis ini tidak mudah rusak saat bersentuhan dengan pohon atau benda kasar. Kalian pun bisa memasang hammock di banyak tempat dengan perasaan tenang.

3. Membeli hammock sesuai anggaran

Kalian dapat menemukan beragam jenis hammock dengan harga yang berbeda di pasaran. Ada hammock yang dijual dengan harga murah, ada pula yang dijual dengan harga mahal. Disarankan untuk memilih hammock berdasarkan anggaran liburan.

Selain itu, hammock juga memiliki banyak pilihan warna dan kualitas. Jika ingin berhemat, sebaiknya mencari hammock menengah ke bawah dengan harga di bawah Rp200 ribu atau kalian juga bisa membeli hammock berkualitas tinggi yang umumnya dijual lebih dari Rp400 ribu.

4. Mencari hammock yang disertai panduan dan garansi

Penting untuk mencari hammock yang disertai dengan panduan lengkap, dengan begitu kalian dapat mengetahui petunjuk penggunaan barang ini secara jelas. Kehadiran petunjuk informasi tentu akan sangat penting bagi pengguna hammock pemula.

Selain itu, disarankan mencari hammock bergaransi untuk memastikan kualitasnya benar-benar terjamin. Pilih juga hammock yang sanggup menyokong beban berat untuk kapasitas dua orang sekaligus. Cara ini dimaksudkan supaya kalian bisa memastikan kekuatan hammock secara jelas.

5. Mengutamakan hammock dengan tekstur halus dan rapi

Cobalah untuk mengecek jahitannya terlebih dahulu. Selain itu, dianjurkan mencari hammock dengan jahitan halus dan rapi. Pasalnya, hal ini berkaitan erat dengan keamanan ketika menggunakan hammock. Kalian juga direkomendasikan memilih hammock yang memiliki tiga lapisan jahitan.

Perhatikan jahitan hammock secara teliti dan jeli sebelum membelinya. Jangan sampai memilih hammock dengan jahitan berantakan atau jahitan satu lapisan. Hal tersebut tentu meningkatkan risiko buruk ketika kalian bersantai di atas hammock. (MC/PC)