3 Gunung Angker di Jawa Barat

Ilustrasi (dok. gedepangrango.org)

Mounture.com — Melakukan aktivitas di alam bebas, seperti mendaki gunung pasti sudah tidak asing dengan beberapa kisah mistis yang ada di beberapa gunung di Indonesia. Mau percaya atau tidak, tetapi setidaknya kita harus tetap menjaga etika, kesopanan, maupun norma-norma saat melakukan pendakian.

Hal itu dimaksudkan agar kita bisa terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan jika kita melanggar aturan, atau berperilaku tidak sopan. Selain itu, biasanya kisah mistis itupun menjadikan beberapa gunung menerapkan aturan-aturan yang harus ditaati agar tidak membawa malapetaka bagi masyarakat sekitarnya atau orang lain.

Melansir laman Arei Outdoor Gear, baru-baru ini, berikut ini 3 gunung angker yang berada di Jawa Barat.

1. Gunung Gede

Gunung ini menjadi yang terfavorit untuk dikunjungi pendaki di area Jawa Barat. Namun, gunung ini juga menyimpan kisah mistis yang cukup dikenal oleh masyarakat, yaitu konon camping ground Surya Kencana yang ada di Gunung Gede merupakan petilasan dari Pangeran Surya Kencana.

Di kawasan itu, jika kita melakukan hal-hal buruk dan tidak sopan, sebagian orang percaya bahwa mereka akan melihat hal-hal yang aneh dan sosok-sosok yang tidak ingin dilihat.

2. Gunung Ciremai

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini menyimpan banyak kisah mistis yang sering dirasakan oleh para pendaki. Konon katanya, para pendaki sering mendengar suara gamelan dan suara kuda.

Adapun menurut cerita penduduk setempat, konon kejadian mistis ini dikarenakan kawasan ini merupakan tempat meninggalnya Nyi Linggi dan dua ekor macan tutul di Batu Lingga. Batu Lingga adalah batu yang bercekung yang dipercaya sebagai tempat semedi Sunan Gunung Jati.

3. Gunung Salak

Menurut kepercayaan Sunda, gunung ini adalah gunung suci, karena merupakan tempat menghilangnya Prabu Siliwangi sang pendiri kerajaan Padjajaran sekaligus gunung ini merupakan tempat turunnya batara dari kayangan.

Suara jeritan wanita, binatang gaib berukuran besar hingga cerita misteri Puncak Manik merupakan cerita-cerita mistis dari Gunung Salak. Inilah kenapa gunung inipun mempunyai predikat sebagai gunung paling angker di Jawa Barat.

Kendati demikian, di manapun kita berada, kita harus wajib untuk menjaga etika, tutur kata, hingga kesopanan terlepas dari benar atau tidaknya cerita mistis tersebut, Kita tetap harus menghormati alam ini sebagai tempat tinggal kita. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.