0

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Arjuno via Purwosari-Lawang

(Mounture.com) — Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung favorit yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu, masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, dan bersebelahan dengan gunung Welirang.

Gunung ini memiliki 4 jalur pendakian, yaitu jalur Tretes, jalur Lawang, jalur Purwosari dan Jalur Batu. Nah, kali ini mounture.com akan menyajikan estimasi waktu dan biaya untuk mendaki melalui jalur pendakian Purwosari – Lawang seperti diceritakan oleh akun Instagram @kikiekaa.

Dia menceritakan dirinya berangkat dari Desa Tambak Watu, Kecamatan Purwodadi, di mana dia dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10 ribu per hari per orang (update biaya per Mei 2019).

Menurutnya, banyaknya situs sejarah dan tempat pemujaan di sekitar lereng Gunung Arjuno, membuat siapapun tidak bisa main-main seenaknya di gunung ini.

“Berbagai mitos pun tumbuh dengan sendirinya dari mulut ke mulut. Banyaknya cerita-cerita mistis seperti pendaki hilang, pendaki tersesat, pendaki berpindah jalur pendakian hingga pendaki kerasukan setan karena melanggar pantangan, selalu menjadi bumbu cerita utama mitos Gunung Arjuno,” tutur dia di akun instagram-nya.

Instagram/@kikiekaa

Sementara estimasi waktu yang ditempuh dari Basecamp Purwosari sampai puncak adalah sebagai berikut:

– Basecamp – Pos 1 (Goa Ontoboego) ditempuh selama 50 menit (Di Pos 1 terdapat Musola).
– Pos 1 (Goa Ontoboego) – Pos 2 (Tampuono): 1 Jam 15 menit (Pos 2 terdapat warung dan Sendang Dewi Kunti untuk mengisi perbekalan air).
– Pos 2 (Tampuono) – Pos 3 (Eyang Sakri): 10 Menit.
– Pos 3 (Eyang Sakri) – Pos 4 (Eyang Semar): 1 Jam 18 menit .
– Pos 4 (Eyang Semar) – Pos 5 (Makhutoromo): 32 menit (ngecamp hari ke-1 dan sumber air terakhir ada di Pos 5).

– Pos 5 (Makhutoromo) – Pos 6 (Candi Sepilar): 10 Menit.
– Pos 6 (Candi Sepilar) – Pos 7 (Jawa Dipa): 2 Jam.
– Pos 7 (Jawa Dipa) – Plawangan: 4 jam 30 menit (ngecamp hari ke-2 di Plawangan).
– Plawangan – Puncak Arjuno: 1 jam

Kemudian turun dari puncak melalui jalur Lawang dengan estimasi waktu sebagai berikut:

– Plawangan – Pos 4 (Nggombes) ditempuh dengan waktu 1 jam 40 menit.
– Pos 4 – Pos 3 (Mahapena): 3 jam 45 menit.
– Pos 3 – Pos 2: 3 jam (tidak jauh dari Pos 3 sekitar 100 meter terdapat tempat tadah hujan yang airnya bisa di filter untuk perbekalan air).
– Pos 2 – Pos 1/Basecamp: 2 jam 30 menit (sekitar 300 meter dari shelter Pos 2, melewati dua bukit terdapat sumber air). (MC/PC)

Sumber dan Foto: Instagram/@kikiekaa