0

Estimasi Waktu dan Biaya Mendaki Gunung Parang via Ferrata

Pemandangan dari puncak Gunung Parang via Ferrata (Foto: Mounture.com/Budi)

Mounture.com — Gunung Parang merupakan salah satu destinasi tujuan wisata pendakian yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 903 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan beberapa jalur pendakian, yakni via Ferrata dan Pasanggrahan.

Namun, jalur pendakian favorit gunung ini ialah melalui Ferrata. Uniknya, mendaki gunung via Ferrata ini, pendaki akan menuju ke puncak dengan tangga besi serta diharuskan menggunakan pemandu atau guide.

Nah, pendakian ke Gunung Parang via Ferrata kali ini dilakoni oleh salah satu tim ekspedisi Mounture.com, Ahmad Budiana. Ia memulai perjalanan dari Karawang menuju ke basecamp dengan menempuh waktu sekitar 1,5 jam.

Baca juga: Pesona Keindahan Gunung Lembu di Purwakarta

Usai beristirahat di basecamp, Budi panggilan akrabnya bersiap memulai aktivitas pendakian dengan menggunakan peralatan safety, dan mengikuti briefing yang dilakukan tim pemandu.

Perjalanan dimulai dari basecamp hingga titik pemanjatan sampai puncak Gunung Parang dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan. Sampai di puncak, Budi beristirahat sekitar satu jam. Selanjutnya, Budi melanjutkan perjalanan turun gunung yang menempuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

(Foto: Mounture.com/Budi)

Untuk biaya, Budi menggunakan biro jasa pemandu gunung dengan biaya sekitar Rp400 ribu. Biaya tersebut masuk ke dalam paket one day trip via Ferrata +900 meter (puncak) yang mendapatkan fasilitas berupa peminjaman safety gear, guide, dokumentasi, dan tiket masuk.

Perlu dicatat, biaya tersebut merupakan salah satu paket yang disediakan pihak biro jasa pemandu gunung. Ada banyak pilihan paket yang ditawarkan dan bisa kalian pilih sesuai keinginan. (MC/AB)