0

Beberapa Deretan Gunung yang Ada di Jawa Barat

  • 14 Januari 2022 07:05

Gunung Ciremai (dok. tngciremai.com)

Mounture.com — Sebagai salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak, Indonesia memiliki sebaran gunung dari timur hingga barat baik itu gunung aktif ataupun yang tidak aktif. Diantara wilayah di Indonesia yang memiliki banyak gunung ialah Jawa Barat.

Terdapat banyak gunung yang ada di wilayah Jawa Barat, di mana Gunung Ciremai yang berada di Kuningan menjadi gunung tertinggi dengan ketinggian mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: Ini Deretan Gunung di Jawa Tengah

Berikut ini beberapa deretan gunung yang ada di wilayah Jawa Barat.

1. Gunung Ciremai (3.078 mdpl) masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang berada di dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

2. Gunung Pangrango (3.019 mdpl) masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan bersebelahan dengan Gunung Gede. Untuk mendaki ke Gunung Pangrango, maka pendaki akan melintasi jalur yang sama dengan pendakian Gunung Gede.

3. Gunung Gede (2.958 mdpl) yang bersebelahan dengan Pangrango merupakan salah satu destinasi pendakian yang cukup favorit. Di mana, jalur pendakian Gunung Gede terbilang cukup memadai dan memiliki fasilitas yang cukup baik.

4. Gunung Cikuray (2.821 mdpl) yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut merupakan salah satu gunung favorit di wilayah Garut dan merupakan gunung dengan trek yang cukup menantang.

5. Gunung Papandayan (2.665 mdpl) berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang disebut cocok untuk pendaki pemula serta menawarkan banyak pesona alam yang cukup indah.

6. Gunung Patuha (2.434 mdpl) merupakan gunung yang berlokasi di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang memiliki kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih.

7. Gunung Wayang (2.241 mdpl) merupakan gunungapi kembar yang terletak di sebelah timur kota Pangalengan di Kabupaten Bandung.

8. Gunung Salak (2.211 mdpl) berada di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Gunung ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS), yang mana gunung ini kerap disebut sebagai gunung mistis di kalangan pendaki.

9. Gunung Bukit Tunggul (2.209 mdpl) berada di Lembang, Bandung Utara. Gunung Bukit Tunggul ini disebut merupakan salah satu sisa dari letusan Gunung Sunda yang pernah terjadi di masa prasejarah.

10. Gunung Galunggung (2.168 mdpl) berada sekitar 17 kilometer dari kota Tasikmalaya. Untuk mencapai bibir kawah Gunung Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Gunung ini memiliki 2 puncak yaitu Puncak Dinding Ari dan Puncak Beuticanar, kedua puncak tersebut dapat dijangkau dengan cara mendaki melalui jalur yang tersedia.

11. Gunung Sagara (2.132 mdpl) berada di Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berdekatan dengan Kawah Talaga Bodas. Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki bisa melalui jalur pendakian via Tajur dan Sagara.

12. Gunung Tangkuban Prahu (2.084 mdpl) berada di Kelurahan Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini dikenal dengan legenda, Sangkuriang yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi.

13. Gunung Rakutak (1.922 mdpl) berada di Desa Sukarame, Kabupaten Bandung yang masuk ke dalam kawasan Cagar Alam Kamojang.

14. Gunung Manglayang (1.818 mdpl) terletak di antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang. Gunung ini memiliki banyak jalur pendakian, antara lain via Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda (Kabupaten Bandung), Palintang (Ujungberung, Kabupaten Bandung), dan Barubereum.

15. Gunung Kencana (1.803 mdpl) berlokasi di Cisarua, Bogor dan salah satu gunung yang cocok untuk para pendaki pemula. Gunung ini terkenal dengan tanjakannya, yang disebut Tanjakan Sambalado, dikarenakan trek dari tanjakan ini yang cukup menguras tenaga seperti layaknya sedang memakan sambal yang pedas.

16. Gunung Kerenceng (1.736 mdpl) berada di Kabupaten Sumedang. Gunung sering disebut sebagai gunung tersembunyi, dikarenakan belum banyak pendaki yang mendaki ke gunung tersebut dan kalah pamor dengan Gunung Tampomas.

17. Gunung Tampomas (1.684 mdpl) termasuk dalam area Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tampomas yang berada di Kabupaten Sumedang. Gunung Tampomas banyak disebut warga sekitar sebagai Gunung Geulis.

18. Gunung Putri (1.587 mdpl) berlokasi di perbatasan Desa Jayagiri dan Desa Cikole, Kabupaten Bandung Barat yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu.

19. Gunung Parang (963 mdpl) berlokasi di Kabupaten Purwakarta. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang cocok untuk pendaki pemula dikarenakan ketinggiannya yang tidak begitu menjulang. (MC/PC)