Wow! 1 Ton Sampah Terkumpul dari Opsih TN Gunung Gede Pangrango

(Mounture.com) — Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menggelar kegiatan operasi bersih (opsih) yang digelar pada 13-15 Maret 2020. Pada opsih ini, TNGGP berhasil mengumpulkan sebanyak 1 ton lebih sampah yang berhasil di turunkan oleh para relawan dari kawasan konservasi itu.

Petugas Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan BB TNGGP, Poppy Oktadiyani, menuturkan bahwa sampah sebanyak itu diperoleh dari dua jalur pendakian Gunung Gede Pangrango, yaitu jalur Cibodas dan Gunung Putri.

“Dari jalur pendakian resor Gunung Putri didapat sampah seberat 517 kilogram. Sementara hasil penyisiran sampah di sepanjang jalur pendakian resor Cibodas terkumpul 508 kilogram,” katanya seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa, 17 Maret 2020.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa sampah-sampah yang terkumpul tersebut didominasi oleh sampah jenis plastik yang susah terurai, dan merupakan sisa barang bawaan wisatawan yang tidak lagi dibawa turun.

“Mulai dari bungkus plastik bekas makanan ringan, permen, mie instan, dan botol plastik bekas air mineral,” ungkapnya.

Dia menerangkan bahwa untuk jalur pendakian Cibodas, penyisiran sampah dimulai dari puncak Pangrango, lereng Gunung Gede, camp Kandang Badak, kemudian di sepanjang jalur pendakian.

“Sementara untuk tim yang menyisir jalur resor Gunung Putri, diawali dari puncak Gede, turun ke alun-alun barat dan timur Suryakencana, dan di sepanjang jalur pendakian hingga pintu masuk,” tutur dia. (MC/RL)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.