0

Gunung Raung Erupsi, Pendakian Ditutup

dok. Instagram/@raungcamp

Mounture.comGunung Raung yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur pada Rabu, 27 Juli 2022 sekitar pukul 17.19 WIB mengalami erupsi. Erupsi itu menimbulkan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak (kurang lebih 4.832 meter di atas permukaan laut).

Terkait hal itu, pengelola jalur pendakian Gunung Raung mengumumkan penutupan kegiatan pendakian Gunung Raung mulai 28 Juli 2022 hingga status gunung Raung aman untuk pendakian.

BACA JUGA: Menapaki Puncak Sejati Gunung Raung

Dalam surat edarannya, Sekretariat Mt. Raung 3344 Mdpl, menyampaikan bahwa masyarakat dan pengunjung tidak dianjurkan untuk mendekati wilayah kawah atau berkemah di sekitar puncak.

“Meskipun sampai saat ini status Gunung Raung sudah kembali normal, namun masih ada potensi erupsi susulan. Maka diputuskan, jalur pendakian Gunung Raung 3344 Mdpl via Kalibaru ditutup mulai hari Kamis, 28 Juli 2022 sampai status Gunung Raung benar-benar aman untuk dilakukan pendakian,” tulis surat edaran tersebut.

Seperti diketahui, Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.344 mdpl merupakan salah satu gunung dengan trek pendakian yang ekstrim. Gunung tersebut sampai saat ini masih berstatus level 1 atau normal. (MC/RIL)